Lo Wajib Punya Perlengkapan Ini Kalau Mau Free Dive

Dilihat 40 kali

Peralatan freediving terbilang lebih sederhana daripada peralatan scuba. Jika dirawat dengan baik, peralatan ini dapat berumur panjang.

Salah satu perawatan penting yang harus selalu dilakukan usai menggunakan peralatan terebut adalah selalu dibilas dengan air tawar bersih. Lalu, dikeringkannya dan simpan dengan baik. Perlu diingat, air asin dan sinar matahari berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada peralatan.


Berikut peralatan yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan free dive :

  1. Masker atau google, banyak pilihan di pasaran. Untuk menentukan mana yang terbaik, tanyalah pada teman atau instruktur tentangmasker yang sesuai dengan bentuk wajah dan kebutuhan. Datangi tokoperalatan selam, coba masker agar sesuai dengan keinginan. “Masker untuk freedive dan scuba itu berbeda. Lebih ramping dan volumenya lebih kecil, tidak menyimpan banyak ruang udara. Sehingga meminimalkan tekanan yang ada pada saat berada di kedalaman air,” tutur Rynol Sarmond, pegiat olahraga free dive.

     

  2. Snorkel
    Snorkel untuk digunakan bentuknya cukup sederhana, untukmemudahkan penggunaan dan hidrodinamika di bawah air.

     

  3. Fin atau Sirip
    Merupakan salah satu bagian terpenting dari peralatan freediving.Bisa menggunakan bi-fins atau monofin. Berbeda untuk scuba diving, fin untuk free dive berukuran lebih panjang alias long fin.

     

  4. Pemberat 
    Peralatan ini dipakai oleh freedivers untuk mengimbangi daya apung. Biasanya dipakai di pinggul, sehingga tidak ada yang bisa membatasi pernapasan. Pemberat juga dilengkapi dengan fitur rilis cepat, sehingga ketika menghadapi masalah, penyelam atau temanyang mendampingi dapat melepaskan sabuk dengan satu tarikan. Dengan begitu akan meningkatkan daya apung dan membantu penyelam kembali ke permukaan dengan mudah.

     

  5. Wet suit.

    Via cloudfront.net
    Setelan ini dipakai guna melindungi penyelam selama melakukan kegiatan bawah airPakaian ini juga bisa digunakan di kolam renang untuk membantu hidrodinamika saat penyelam bergerak di dalam air.

     

Oleh Edwin Yusman F.

Featured Image : factorymedia.com