Masih Berkuasa di MXGP, Seperti Apa Sih Spesifikasi Honda CRF450RW?

Dilihat 72 kali

Dalam ajang Motocross Grand Prix (MXGP) musim 2017 ini, Tim Gajser masih menujukan ketangguhannya. Posisinya yang masih menempati puncak klasemen sementara pun tampak sulit digeser oleh para pembalap lain.

Selain skill yang luar biasa, bisa dibilang kesuksesan Tim Gajser merajai posisi puncak Motocross Grand Prix (MXGP) musim 2017 juga dipengaruhi oleh hal lain, yaitu motor Honda CRF450RW yang dia tunggangi.

Honda CRF450RW memang merupakan motor yang didesain untuk merengkuh gelar juara MXGP sehingga tidak heran jika performa yang ditawarkannya benar-benar luar biasa. Pada dasarnya, Honda CRF450RW sendiri merupakan motor yang dikembangkan dari basis CRF450R. Tetapi sebagai motor balap factory, motor ini pun telah mengalami sejumlah perombakan. Saat dipakai oleh Tim Gajser dan Evgeny Bobryshev, banyak partnya yang telah diganti sehingga performanya menjadi lebih nampol lagi.

Mesin yang digunakan Honda CRF450RW merupakan mesin berkapasitas 449,7 cc. Mesin ini pun menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan sistem pembakaran injeksi.

Sejumlah spesifikasi seperti kapasitas tangki bahan bakar dan power mesin dari Honda CRF450R hingga saat ini masih dirahasiakan oleh HRC. Meski demikian, HRC cukup berbaik hati untuk membocorkan beberapa part yang digunakan pada motor ini.

Berdasarkan informasi dari HRC, Honda CRF450RW ini menggunakan pengapian Factory Honda hasil pengembangan dari HRC sendiri. Selain itu, motor ini juga menggunakan suspensi Showa SFF Air TAC (Showa Factory), rem Factory Nissin, ban Pirelli, velg DID Dirt Star, rantai DID 520 ERT2, filter buatan Twin Air dan kopling Rekluse.

Sejumlah part pada motor tersebut dibuat secara ustom seperti mur, baut titanium, footpegs titanium, cylinder head dan knalpot custom dari US Yoshimura. Semua part tersebut dibuat untuk mengurangi bobot dari Honda CRF450RW.

Honda sendiri mengkalim bahwa CRF450RW veri standar adalah motor yang paling ringan di kelasnya dan memiliki sentralisasi bobot yang cukup bagus. Selain itu, Honda juga mengklaim bahwa motor ini memiliki body yang ramping, tingkat aerodinamika yang lebih bagus dan center of gravity yang rendah.