Mensterilkan Pisau dengan Membakarnya? Fakta atau Bukan

Dilihat 654 kali

Sterilisasi merupakan proses yang dilakukan untuk membunuh seluruh jenis mikroorganisme pada suhu tertentu. Dalam industri, proses sterilisasi untuk membunuh mikroorganisme terutama patogen yang kemungkinan dapat tumbuh dan mencemari suatu produk atau peralatan dengan menggunakan suhu 121o C. Berbicara mengenai mensterilkan peralatan seperti pisau, tentu sudah biasa terjadi dalam dunia medis. Pisau yang dimaksud adalah pisau-pisau yang digunakan untuk operasi. Namun apakah hanya pisau operasi yang harus selalu dalam keadaan steril? Bagaimana dengan jenis pisau lainnya seperti pisau dapur. Apakah para ibu rumah tangga yang kerap menggunakan pisau untuk memotong bahan-bahan yang hendak dimasak juga harus selalu mensterilkan pisau dapur mereka? Apakah bentuk sterilisasi yang dimaksud hanya cukup dengan mencuci, mengeringkan, dan menyimpan di tempat aman? Segala jenis peralatan tajam seperti pisau hendaknya harus selalu digunakan dalam kondisi steril. Cara mensterilkan pisau pun tidak sembarang. Lalu apakah mensterilkan pisau benar dilakukan dengan membakarnya?

Pisau Dibakar untuk Ditempa

Jika kamu pernah mendengar cara mensterilkan pisau dengan dibakar, maka itu bukan fakta. Faktanya, pisau yang dibakar adalah salah satu proses yang digunakan untuk menempa dalam pembuatan pisau. Pabrik pembuat pisau membutuhkan suhu yang sangat tinggi untuk menempa pisau. Suhu untuk menempa pisau dapat mencapai angka 2000o C. Dengan membakarnya, maka proses menempa logam untuk pembuatan pisau menjadi lebih mudah. Sehingga untuk mensterilkan pisau dengan dibakar, maka itu bukan fakta.

Pisau Dipanaskan untuk Sterilisasi

Jika kamu pernah mendengar cara mensterilkan pisau dengan dipanaskan? Maka yang dimaksud adalah memanaskan pisau di dalam oven untuk tujuan sterilisasi dan itu adalah fakta. Hal yang menjadikan fakta adalah untuk pisau-pisau operasi seperti pisau bedah, setiap kali selesai digunakan, maka proses sterilisasi pisau yang telah dibersihkan adalah dengan memanaskannya di dalam oven. Proses sterilisasi ini disebut dengan sterilisasi kering menggunakan udara panas yang berasal dari oven. Suhu yang digunakan dapat sekitar 170oC untuk sterilisasi pisau satu jam lamanya.

Pisau Dipanaskan dalam Air Mendidih

Dalam dunia medis, cara mensterilkan pisau operasi maupun peralatan bedah lainnya juga dapat dilakukan dengan memanaskan dalam air mendidih atau merebusnya. Sehingga proses tersebut jelas berbeda dengan membakar pisau agar menjadi steril. Memanaskan pisau dalam air mendidih dapat secara efektif membunuh mikroorganisme vegetatif.  Dan cara tersebut tentu juga dapat kamu lakukan untuk mensterilkan pisau dapur karena sangat mudah untuk dilakukan.

Jadi, mensterilkan pisau dengan cara membakarnya jelas bukan fakta. Bedakan antara memanaskan pisau yang benar-benar langsung menyentuh api dengan yang tidak. Membakar pisau adalah memanaskan dengan langsung menyentuh api dan bukan proses sterilisasi. Dengan menyimak ulasan di atas, maka membakar pisau merupakan proses untuk membuat pisau dengan cara menempa. Dan proses pemanasan dalam sterilisasi pisau, bukan berarti membakar tepat di atas bara api, melainkan memanaskan dengan menggunakan panas oven ataupun air mendidih. Baik pisau operasi maupun pisau dapur, sama-sama peralatan dari logam yang perlu disterilisasi. Proses sterilisasi akan memastikan pisau yang digunakan dalam kondisi bersih, aman, dan bebas mikroorganisme terutama yang bersifat patogen.

Mensterilkan Pisau