Personal Dive Gear: Cara Pintar Pilih Finss dan Snorkel Diving

Dilihat 141 kali

Setelah kita mengetahui bagaimana cara memilih masker diving yang tepat, saatnya kita memilih personal dive gear lainnya yang nggak kalah penting dari masker diving. Dia adalah finss dan snorkel diving. Sama seperti masker diving, kedua gear ini sangat penting untuk memaksimalkan penyelaman kalian.

Biar kalian nggak menyesal karena salah memilih, berikut merupakan cara pintar memilih Finss dan snorkel diving agar penyelaman kalian lebih maksimal.

Finss

Finss atau sepatu katak merupakan salah satu kebutuhan pokok para diver. Gear yang satu ini secara khusus berfungsi untuk membantu pergerakan kalian lebih efektive, dengan daya dorong yang lebih maksimal tanpa harus mengeluarkan tenaga yang berlebihan.

Berikut merupakan trik memilih Finss yang tepat:

  • Usahakan untuk memilih sepatu katak dengan bahan yang lentur, lembut dan kuat dari segi design.
  • Sesuaikan sepatu katak kalian dengan ukuran tubuh, kondisi lingkungan, kekuatan kaki, dan tentu saja faktor kenyamanan selama menggunakannya.
  • Sepatu katak berdaun besar dan keras akan memungkinkan kalian untuk bergerak lebih cepat, tapi kelemahannya, kaki kalian akan cenderung mudah lelah.
  • Sepatu katak bedaun kecil dan sedikit lentur, sangat cocok untuk kalian penyelaman jangka panjang. Hanya saja, gerakan kalian akan cenderung lebih lambat, dan lebih cocok digunakan oleh penyelam dengan kaki yang tidak terlalu kuat.

Snorkel

Snorkel merupakan salah satu gear wajib yang berfungsi untuk memudahkan pergerakan kalian ketika sedang berada dalam air. Dengan snorkel, kalian bisa mengeksplore dan memandang ke alam bawah laun tanpa harus terus menerus mengangkat kepala ke permukaan.

Berikut merupakan trik memilih norkel yang baik untuk menyelam:

  • Usahakan snorkel yang digunakan memiliki bahan yang fleksibel supaya bisa menggantung dari tubuh ketika kalian menggunakan second stage.
  • Cari snorkel dengan katup pembuang satu arah otomatis di bawah mouth piece. Desain ini berfungsi untuk menjaga supaya mouth piece kalian tetap bebas air.
  • Pastikan mouth piece snorkel yang kalian pilih berbahan lembut dan nyaman ketika digunakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan selama menyelam.
  • Pastikan snorkel punya ventilasi kering atau setengah kering untuk membantu mencegah air terpercik masuk kedalam.

Dengan gear yang tepat, perjalanan bawah laut kalian pun akan jauh lebih nyaman dan maksimal. Makanya, pilihlah produk terbaik untuk memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!