Segudang Manfaat Thermal Blanket Buat Petualang

Dilihat 116 kali

Selimut emergensi atau thermal blanket ternyata gak cuma jadi barang wajib bawa buat mereka yang suka petualang. Selimut darurat dari bahan tipis tanpa pori ini pada dasarnya digunakan untuk menyimpan panas dalam tubuh karena fungsinya yang bagus sebagai isolator.

Tapi uniknya, misalnya saat lo terjebak dalam kondisi darurat, selimut ini jadi bisa berubah fungsi karena ada beberapa teknik survival yang membutuhkan selimut ini.

Pertama, bisa dijadikan kantong tidur dan membungkus sepatu dan peralatan lain untuk menghindari kelembaban.

Via aliexpress.com

Kedua, berubah jadi cermin sinyal. Karena ada bagian yang dilapisi aluminium, lo bisa bentangkan selimut itu untuk memantulkan cahaya matahari dan membuat sinyal supaya orang bisa tau lokasi lo.

Ketiga, fungsi yang paling unik adalah untuk menangkap ikan. Kok bisa? Ya karena ikan suka dengan hal-hal yang mengkilap, maka potongan selimut ini bisa digunakan sebagai umpan ikan.

Keempat, selimut ini juga bisa dipakai untuk mengeringkan pakaian karena kalo lo tetap pakai pakaian basah saat di ketinggian tertentu, itu bisa memicu hipotermia.

Kelima, lo juga bisa pakai selimut ini sebagai perban atau kompres dadakan.

Keenam, air adalah hal yang krusial dalam kondisi survival. Nah dengan selimut yang waterproof ini, lo bisa pakai untuk mengumpulkan air hujan atau kondensasi di pagi hari. Untuk daerah bersalju, pengumpulan air dengan thermal blanket dilakukan dengan membentuk kerucut untuk menyimpan/melelehkan salju.

Ketujuh, selimut ini punya daya leleh yang sangat tinggi jadi bisa dipakai untuk menghangatkan tenda. Panas disimpan pada selimut dan kemudian dapat lo bawa ke tenda untuk penghangat.

Kedelapan, selimut ini juga bisa disulap kadi shelter darurat dengan tipe ‘lean-to’. Lo bisa pakai ini selimut untuk berlindung dari panas ataupun hujan.

Featured Image : anekatempatwisata.com

Referensi Artikel : survivalalam.blogspot.co.id