Tipe Tali Seperti apa yang Kamu Butuhkan? Part 2

Dilihat 899 kali

Kamu pasti sudah sangat paham bahwa tali sangat banyak membantu kehidupan manusia. Alat satu ini bisa membantu mengangkut atau menyeret barang dan bisa juga melindungi. Misalnya saja untuk kegiatan pendakian gunung.

Tapi pengaplikasikan tali tidak hanya untuk itu. Banyak kegiatan manusia yang memerlukan bantuan tali. Nah, menyesuaikan dengan banyaknya kebutuhan itu tali jadi memiliki ragam tipe dan jenis. Tipe dan jenis ini yang perlu kamu ketahui, agar tidak salah memilih tali yang dibutuhkan. Misalnya saja tipe tali yang cocok untuk kebutuha otomotif, hobi dan sebagainya.

Sebagai bahan referensi memilih tali sesuai kebutuhan, berikut tipe atau jenis dari yang banyak digunakan. Di antaranya:

Tali Tambang

Tipe tali ini paling banyak dijumpai dan dipakai oleh masyarakat. Ketebalan, bahan dan teksturnya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Di kehidupan secara umum, tali tambang banyak digunakan untuk mengangkat dan menyeret balok, mengikat hewan ternak, membuat jemuran baju, merakit empyak dan lain lain.

Untuk keperluan pendidikan biasanya digunakan dalam kegiatan pramuka. Dimana tali menjadi salah satu alat wajib yang bisa untuk membangun tenda, merakit atau membuat simpul. Di dunia otomotif, tali tambang dengan ukuran lebih besar dipakai untuk menderek kendaraan.

Sementara dalam sektor industri seperti perkapalan, umum digunakan menjadi tangga kapal. Tali tambang juga bisa menunjang kebutuhan olahraga yang sering dipakai saat perlombaan tarik tambang.

Tali untuk Memancing

Sesuai namanya tali pancing digunakan bersamaan alat pancing untuk menangkap ikan. Bentuk tali ini sangat tipis, kecil tapi tajam dan kuat. Tipe tali pancing paling banyak digunakan nelayan untuk bekerja.

Tapi saat ini sudah banyak masyarakat yang menjadikan kegiatan memancing sebagai hobi. Alhasil tali pancing banyak diburu, khususnya yang memiliki kualitas baik. Banyak warna dan merek tali pancing yang bisa dipilih sesuai selera.

Tali Rafia

Bisa dibilang tipe tali ini paling ringan, murah meriah dan warna-warni. Rata-rata toko kelontong di sekitar kita menjual tali rafia. Namun tipe tali ini tidak memiliki banyak kegunaan karena kurang kuat. Rafia lebih dikhususkan untuk mengikat barang agar lebih aman dan ringkas. Contohnya mengikat kardus yang berisi barang bawaan untuk pindah rumah.

Tali Sepatu

Ini adalah satu tipe khusus yang memang hanya diperuntukkan untuk sepatu. Fungsinya lebih ke kenyamana penggunaan sepatu dan kebutuhan fashion. Mereka yang sangat memperhatikan penampilan tentunya akan mencari tali sepatu yang unik dan menarik. Tali sepatu sendiri juga makin banyak varian pilihannya, baik motif, bentuk, bahan maupun warna.

Tali Baja

Tipe ini disebut sebagai yang paling kuat dari berbagai jenis tali. Bahannya adalah kumpulan kawat baja yang dipilin menjadi tali atau wire rope. Proses pembuatannya pun cukup kompleks dan butuh waktu lama. kegunaannya lebih pada benda-benda super berat hingga ratusan ton.

Tali baja bisa dipakai untuk mengangkat, memindahkan, mengikat dan menahan beban dengan sangat baik. Tali ini biasanya berbentuk relatif besar dan paling sering difungsikan untuk keperluan industri serta pembangunan. Tali baja juga tidak warna-warni alias hanya memiliki warna netral dari kawat baja.

3. Tipe Tali Seperti Apa yang Kamu Butuhkan (pt.2)2