Tips Jitu Tanggulangi Masalah Remeh dalam Snowboarding

Dilihat 355 kali

Seperti yang kita tahu, snowboarding adalah olahraga ekstrem yang menggunakan instrumen snowboard yang dilakukan di tempat bersalju, semisalnya pegunungan bersalju atau perbukitan bersalju. Olahraga ini memang terlihat sangat keren. Apalagi jika lo bisa melakukan berbagai macam trick freestyle dalam olahraga ini. Tetapi walau olahraga ini keren banget, ada saja berbagai macam kendala yang terlihat sangat remeh loh dalam olahraga ekstrem salju ini. Untuk menanggulangi masalah remeh itu, begini tips-tipsnya:

Sakit pada Kaki

Biasanya nih para snowboarder sering merasakan sakit pada kaki. Nah sakit di sini yang dimaksud bukan cidera yah, sakit yang dimaksud adalah karena kesempitan dan kaki ga bisa gerak. Kita kan udah tahu jika menggunakan sepatu snowboarding kan jangan kegedean dan kesempitan, harus pas. Nah, biar lebih optimal dan ga bikin kaki lo sakit, coba renggangkan bagian tali sepatu bagian bawah yang dekat dengan jari. Hal ini berguna biar kaki lo ga sakit, jari-jaro lo bebas, dan lo bisa dengan bebas memainkan manuver-manuver jitu.

Goggle yang Berembun

Goggle yang berembun merupakan sebuah permasalahan yang umum terjadi pada snowboarder. Jika goggle sudah berembun, akan sangat fatal banget loh akibatnya karena bisa menghalangi pandangan. Untuk menanggulanginya dengan mudah, cukup turunkan masker lo, biar bisa bernafas ga terhalang masker. Soalnya embun tersebut berasal dari nafas kita yang sedikit tertahan masker.

Jangan Gunakan Ikat Pinggang

Memang sih celana yang dipake buat snowboarding akan berat banget jika udah basah. Jika udah berat, bakalan melorot. Hadeuh! Biar ga melorot lo bisa menggunakan tali sepatu sebagai pengganti ikat pinggang. Kenapa tali sepatu? Karena jika pake ikat pinggang, besar kemungkinan ikat pinggang ga bisa menahan celana yang melorot, jadi pake tali sepatu aja sebagai penggantinya. Ikatkan tali sepatu senyaman lo, dan pastikan tidak dengan ikat mati yah. Dijamin celana ga akan melorot.

Dehidrasi

Beuh ini nih! Karena di gunung dingin, besar kemungkinan lo ga akan merasakan haus. Bisa-bisa secara tidak sadar, lo dehidrasi. Kalo udah dehidrasi di gunung bersalju bisa berabe. Untuk menanggulangnya, secara kontinyu lo harus minum dalam selang beberapa menit. Mirip waterbreak gitu deh. Jangan biarkan badan lo kurang cairan yah, bro.

Highback yang Patah

Ini permasalahan simpel banget. Highback sebagai binding di snowboard lo memang rentan patah jika ga dilipet. Makanya, kalo snowboard lo lagi ga dipake, jangan lupa lo lipet highbacknya, bro.

Bawa Barang yang Ribet

Nah, biasanya kan jika kita naik ke gunung buat snowboarding kan bawaan banyak banget tuh. Dari goggle, sarung tangan, helm, dan perlengkapan snowboarding lainnya. Biar ga ribet, lo taro aja semuanya peralatan snowboarding di dalam helm. Iket kenceng, terus lo gantungin tuh helm di pinggir celana. Tangan lo kan bisa bebas tuh buat bawa papan lo.

Membawa Snowboard

Dalam membawa papan biasanya kan kita pegang papannya dengan tangan satu dan dibawa di pinggir badan. Nah, bawanya jangan deket-deket jaket yah. Bisa-bisa jaket lo nanti bolong karena tergesek papan. Ada juga cara lain yaitu dengan memegang bindingnya seperti lo bawa koper. Pokoknya apapun cara bawanya, jangan sampe nyentuh jaket yah, bro. Sayang jaketnya nanti bolong atau robek.

Headset

Memang asik kalo snowboarding sambil dengerin musik. Tapi kalo track lagi ramai, mendingan jangan deh. Soalnya ada kemungkinan lo nabrak orang karena lo ga denger mereka. Jadi snowboarding tanpa musik dong? Ya ngga lah! Biar tetep ada musik dan lo tetep waspada, pake aja satu headset dan jangan dua-duanya.

Papan yang Jatuh

Kebanyakan orang kalo udah selesai bermain akan meletakkan papannya di tembok. Tapi kemungkinan besar papan tersebut akan jatuh, dan bisa-bisa rusak. Nah untuk menanggulanginya, lo bisa meletakkan papan di rak yang tersedia. kalo ga ada rak, taro aja dipojokan biar ga jatoh. Tapi  jangan asal taro di tembok yah.

Pelapisan Lilin

Biasanya kita itu lupa dengan hal ini. Jika kita ga melapisi papan kita dengan lilin, biasanya nanti jadi keset ketika berseluncur, karena papannya tertahan salju. Jadi sebelum meluncur, sangat harus lo melapisi papan dengan lilin agar bisa tetap melaju cepat tanpa keset.

Nah, begitulah kira-kira tips-tips yang bisa membuat lo menanggulangi masalah remeh dalam snowboarding. Semoga tips ini membantu lo.