Tips Untuk Dapat Foto Petualangan Yang Berkesan!

Dilihat 205 kali

Waktu berpetualang, lo pasti pengen banget kan bisa dapat mengabadikan setiap momen yang unik dan spesial. Nah ada beberapa tips yang bisa lo coba supaya bisa dapat foto petualangan berkesan!

Bangun Pagi
Cahaya terbaik untuk mengabadikan pengalaman atau keindahan yang ada di luar ruangan disebut Golden Hours. Kesempatan ini cuma ada satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam (tergantung dari jalur matahari di tempat lo berada saat itu). Jadi, usahakan bangun pagi demi mendapatkan foto yang menakjubkan.

Lakukan Penelitian 
Sebelum tiba di lokasi tujuan, ada baiknya mempelajari sebanyak mungkin beragam hal tentang tempat yang akan lo datangi. Semakin banyak yang kita tahu, semakin "cerdas" hasil foto-foto dokumentasi nantinya.

Pelajari Kamera yang Dibawa
Jangan habiskan waktu perjalanan cuma untuk belajar bagaimana mengoperasikan kamera, lensa, atau flash baru. Mestinya lo bisa lakukan itu semua di rumah, sebelum berangkat berpetualang.

Pilih Penginapan yang Tepat
Pilih penginapan yang memiliki pemandangan indah, sehingga dapat menciptakan banyak kesempatan foto-foto.

Belajar Bahasa Lokal
Pelajari cara mengucapkan "Halo" dengan bahasa lokal, gak ada salahnya menyapa penduduk setempat sebelum mengambil foto mereka.

Cari Inspirasi
Browsing foto-foto lokasi perjalan. Perhatikan portofolio fotografer lain untuk mendapatkan ide baru dan mendapatkan inspirasi. Tambah terus wawasan dengan mengunjungi galeri seni, hadir dalam seminar atau kursus fotografi, mendengarkan musik klasik atau membaca buku-buku bagus.

Via inspiredtraveller.id

Rasakan Tempatnya
Fotografi bukan hanya seputar visual. Cobalah makanan lokal, rasakan udara lokal dan dengarkan musik lokal. Ini akan membantu lu untuk lebih memahami kisah tempat itu.

Jangan Malu Bertanya
Bicara dengan penduduk setempat, minta referensi dan saran dari mereka mengenai lokasi terbaik untuk dikunjungi. Ini akan membuka peluang mendapatkan pengalaman dan foto yang bagus dari tempat itu.

Bawaan Ringan
Gak perlu bawa seluruh perlengkapan saat melakukan perjalanan. Cukup seperlunya. Selain mempermudah perjalanan, enggak perlu was-was juga bakal kehilangan barang. 

Jangan Memaksakan Diri
Gak usah memaksakan diri untuk mendapatkan semua hal yang lu inginkan, karena setiap perjalanan selalu memiliki keterbatasan waktu. Pikirkan dengan seksama apa yang ingin didapatkan. Fokus, pilih lokasi dengan pintar. Dengan begitu hasilnya akan lebih dan menarik.

Perjalanan Lambat
Jika waktu perjalanan memang cukup panjang, gak ada salahnya bepergian dengan transportasi umum. Karena lu bisa berinteraksi lebih banyak dengan penduduk setempat.

Via cntraveler.com

Istirahatkan Kamera
Jangan selalu melihat dari balik lensa. Nikmati perjalanan liburan lo. Santai Bro.

Coba Untuk Natural
Pelajari pemanfaatan cahaya alami sebelum membeli atau menggunakan lampu kilat atau reflektor yang mahal.

Manfaatkan Tempat Tinggi
Setiap foto perjalanan yang bagus selalu ada foto bird’s eye view terhadap tempat itu. Kalau gak punya atau gak bisa bawa drone, cari titik ketinggian yang menguntungkan agar dapat memperlihatkan suasana seluruh kota atau lokasi yang dikunjungi.

Jangan Banyak Alasan
Luangkan waktu dan sisihkan uang lo untuk belajar fotografi. Baca buku untuk memperluas wawasan dan pengetahuan seputar dunia fotografi. Lakukan perjalanan sebanyak mungkin. Manfaatkan dan maksimalkan kamera yang ada.

Jangan berhenti Traveling
Fotografer perjalanan yang baik, bukan berarti harus terus bepergian. Coba dokumentasikan keindahan tempat tinggal lo sendiri. Perjalanan ke pasar malam atau menghadiri festival adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan.

Jadilah Manusia
Perlakukan subyek foto sebaik mungkin. Hindari mengambil foto orang dari kejauhan, jangan mengambil foto orang yang tidak mau difoto. Jangan lupa, terkadang hal terbaik yang dapat kita dilakukan dalam setiap perjalanan adalah menyimpan kamera dan menikmati waktu.

Featured Image : businessinsider.com

Referensi Artikel : digital-photography-school.com