5 Lokasi Menyelam Kece yang Enggak Boleh Dilewatkan di Karimunjawa

Dilihat 143 kali

Siapa saja yang menggemari kegiatan bahari pasti setuju kalau Karimunjawa merupakan salah satu lokasi penyelaman di Indonesia yang amat menjanjikan. Kepulauan di Laut Jawa yang mempunyai luas perairan sekitar 110.000 hektare tersebut menjadi tempat favorit liburan wisatawan maupun divers yang penasaran ingin menyelami keindahan bawah lautnya yang begitu memikat.

Dengan kurang lebih 400 spesies fauna laut, kalian akan mendapatkan pengalaman diving luar biasa di Karimunjawa. Berikut ini ada lima lokasi penyelaman yang bisa jadi pilihan tepat.

Menjangan Kecil

Menjangan Kecil dapat dicapai dengan waktu tempuh 20 menit dari pulau utama Karimunjawa. Di sini, kalian akan mendapati keindahan terumbu karang yang menjadi daya pikat dari pulau tersebut. Bukan cuma itu, kalian juga bisa bertemu para hiu yang berada di tempat penangkaran dan berswafoto bersama mereka. Maka tak heran kalau Menjangan Kecil selalu dikunjungi wisatawan.

Pulau Cemara

Di Karimunjawa, ada Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil yang sama-sama menawarkan keindahan terumbu karang untuk kalian. Cemara juga tidak seramai Menjangan Keceil, sehingga cocok didatangi para penyelam yang ingin menikmati keelokan bahari tanpa gangguan. Kalian juga bisa jalan-jalan di sekitar pantainya yang masih asri dan menyegarkan.

Pulau Cilik

Pulau-pulau di bagian timur Karimunjawa ternyata menyimpan pesona yang tak kalau memikat dengan pulau-pulau di bagian barat. Adalah Pulau Cilik yang menjadi habitat dari terumbu karang berukuran besar di Karimunjawa. Untuk mencapai pulau mungil tersebut, kalian harus menempuh waktu selama 30 menit dari pulau utama di Karimunjawa.

Pulau Tengah

Sekitar 15 menit dari Pulau Cilik, ada Pulau Tengah yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh kalian yang menggandrungi diving. Sebab, di pulau ini ada sea anemone dan hard coral yang menjuntai indah serta menjadi habitat dari ikan-ikan laut yang lucu nan imut seperti clown fish. Pulau yang mempunyai luas sekitar 4 hektare ini menjadi lokasi penyelaman favorit Karimunjawa.

Tanjung Gelam

Lokasi menyelam terakhir yang wajib kalian kunjungi di Karimunjawa adalah Tanjung Gelam. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pulau Cemara Besar dan akan menyambut wisatawan dengan hamparan pasirnya yang putih. Deretan pohon kelapa di bibir pantai pun akan membuat kalian tidak kepanasan. Poin plus dari Tanjung Gelam adalah pemandangan sunset-nya yang memukau.