5 Sungai di Bali Ini Harus Dijajali Kalian yang Doyan Rafting

Dilihat 147 kali

Selain menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sungai terbanyak, bro. Karakteristiknya yang berbeda-beda pun membuat sungai-sungai tadi dapat dimanfaatkan dalam bidang yang berbeda-beda. Mulai dari pertanian hingga rekreasi seperti rafting atau arung jeram.

Kalau kalian sudah bosan melakukan rafting di Pulau Jawa, tak ada salahnya buat mampir ke Bali. Ada banyak sungai bagus yang dapat kalian jajal, termasuk sungai-sungai di bawah ini.

Sungai Ayung

Merupakan sungai terfavorit bagi wisatawan yang ingin berarung jeram di Pulau Dewata. Panjang sungai ini mencapai 12 kilometer dan arusnya cocok diarungi oleh kalian yang gandrung sama rafting. Adanya pemandu atau instruktur tepercaya dapat membantu kalian yang masih pemula untuk terjun ke Sungai Ayung dan menyusurinya tanpa banyak hambatan.

Sungai Telaga Waja

Sungai yang berlokasi di Desa Muncan, Karangasem ini mempunyai aliran sepanjang 16 kilometer yang cocok digunakan untuk rafting. Selama menyusuri Sungai Telaga Waja, kalian akan melihat panorama indah dari areal persawahan dan kebun-kebun yang dikelola penduduk setempat. Di penghujung sesi arung jeram, kalian akan bertemu tiga air terjun yang tak kalah memukau.

Sungai Melangit

Sama seperti Telaga Waja, Sungai Melangit juga menawarkan pemandangan pedesaan, udara sejuk, dan airnya yang menyegarkan. Sungai yang terletak di Klungkung ini memiliki panjang mencapai 7,5 kilometer. Kemudian, selain sebagai area rafting, Sungai Melangit juga menjadi lokasi yang bagus untuk melepas penat mengingat destinasi tersebut jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Sungai Pakerisan

Kalian yang pernah mengunjungi Istana Tampaksiring pasti tahu Sungai Pakerisan, sebab sungai ini jadi sungai utama di area istana tadi. Tidak seperti sungai-sungai sebelumnya, panjang Sungai Pakerisan hanya 4,5 kilometer dan arusnya yang tidak deras sangat cocok buat kalian yang masih pemula di dalam kegiatan arung jeram. Meski begitu, tetap gunakan peralatan yang aman dan sesuai standar, ya.

Sungai Petanu

Berlokasi di Gianyar, Sungau Petanu mempunyai aliran air yang amat jernih dan membuat siapa pun tak berhenti berdecak kagum. Di sisi lain, Sungai Petanu menawarkan tantangan bagi pecinta rafting melalui bongkahan bebatuan yang kadang menyulitkan petualangan. Kalian pun akan dimanjakan pemandangan dari tebing curam selama menyusuri sungai tersebut.

Pastikan kondisi fisik dan mental kalian prima!