Beginilah Serunya Freediving di Mediterania

Dilihat 1533 kali

Menyelam selalu menjadi kegiatan ekstrem yang menantang sekaligus menyenangkan bagi orang yang melakukannya. Sekalipun ekstrem, kegiatan ini semakin banyak diminati. Pasalnya kegiatan ini memungkinkan divers untuk mengeksplorasi alam bawah laut yang indah dan alami. Ada banyak destinasi menyelam yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Tidak dipungkiri bahwa Indonesia sendiri memiliki banyak sekali spot diving yang menarik. Namun tidak ada salahnya juga jika kalian mencoba menjelajahi destinasi diving di luar negeri yang lebih menantang. Salah satu destinasi diving yang cukup banyak menarik perhatian penggemar diving adalah Vagnhärads di Swedia. Destinasi yang satu ini sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar kompetisi diving berkelas internasional.

Selain populer untuk kegiatan diving biasa. Destinasi ini juga banyak diminati untuk freediving. Menyelam bebas telah menjadi salah satu variasi dari diving tetapi dengan tantangan yang lebih memacu adrenalin. Bagaimana tidak, divers harus menyelam sampai di kedalaman tanpa dibantu dengan tabung oksigen. Jadi mereka murni mengandalkan teknik pernapasan untuk dapat bertahan lama di dalam air.

Menyelam di Vagnhärads menawarkan banyak pengalaman menarik bagi para penyelam di sana. Kalau Lo penasaran dengan keseruan melakukan diving di Vagnhärads, cobalah untuk melihat video berikut ini. Di dalam video tersebut, kalian dapat melihat aksi menegangkan dari diver yang menyelam bebas dan mampu mencapai titik terdalam hingga 43 meter.

Pada saat penyelaman tersebut dilakukan, visibilitas atau jarak pandang di tempat ini adalah antara 12 – 15 meter. Di dalam video ini, kalian juga dapat melihat inovasi baru yang dicoba oleh diver yakni menggunakan teknik FlexiDive. Teknik tersebut memungkinkan diver untuk menyelam hingga 10 meter tanpa membuang energi.

Kondisi perairan di Vagnhärads sangat jernih dengan suhu yang cukup dingin. Suhu di permukaan airnya saja hanya 12 derajat Celsius. Di sana para penyelam melakukan freediving menggunakan bantuan sirip penyelaman untuk menyusuri garis. Menariknya pada kedalaman sekitar 8 meter, penyelam dapat menjumpai bak mandi di dasar laut di mana spot ini biasa dijadikan sebagai tempat selfie para divers.

Di lokasi bekas tambang batu kapur ini kalian tidak akan menjumpai banyak kehidupan. Namun sesekali terlihat beberapa udang karang. Vagnhärads merupakan sebuah kota pantai di Swedia. Ini merupakan kota yang kecil. Suhu air rata – rata sepanjang tahun di kawasan ini adalah 7 derajat Celsius. Waktu terbaik untuk menyelam di sana adalah akhir musim panas.