Berniat Bikin Monster Truck? Ini dia caranya!

Dilihat 70 kali

Pengen bikin ‘Monster Truck’? Ini dia caranya!

Buat lo penggemar truk dengan ukuran ban super besar atau biasa disebut ‘Monster Truck’, menjajal trek off-road yang penuh tantangan di belakang kemudi sebuah ‘Monster Truck’ pastinya seru banget guys. Tantangannya nggak cuma datang dari medan yang dilalui tapi juga dari bagaimana lo bisa mengendalikan truk yang memiliki ban yang super besar dengan suspensi yang lebih tinggi dari biasanya itu.

Via flickr.com

Tapi tahu nggak bro, kalau ternyata merancang sebuah Monster Truck juga nggak kalah seru dengan mengemudikan truk itu sendiri. Yang pasti, lo bisa dapat truk hasil modifikasi sesuai selera lo sendiri.

Mau tau caranya? Ini dia tips buat bikin Monster Truck

Brand Gak Penting

Siapa bilang lo butuh truk model khusus untuk bikin Monster Truck impian lo? It’s simply a normal-sized truck body! Tapi yang pasti, truk itu termasuk tipe 4-Wheel Drive (4WD). Soal Brand? Nggak penting banget bro. Lo bisa pakai brand Toyota atau Nissan sekalipun karena yang penting adalah ketika lo pengen ganti mesinnya dengan mesin yang lebih tangguh, seperti mesin besutan GM, Ford atau Dodge, lo nggak bakal nemuin masalah. 

 Cari Komponen yang Pas

Buat lo yang hobi modifikasi kendaraan, pasti tahu dong di mana nyari komponen yang pas. Apalagi sekarang apapun bisa didapat secara online, jadi banyak penjual komponen yang menjajakan barangnya secara online juga. Tapi yang perlu diinget dalam memodifikasi kendaraan adalah bahwa lo gak bisa asal ganti komponen, cuma karena keliatan keren atau harganya murah. Lo harus bisa pastiin komponen yang terpasang adalah sesuai dan bisa dukung satu sama lain.

Upgrade Suspensi & Ban

Suspensi tentunya salah satu perhatian utama dalam membuat Monster Truck. Jarak suspensi depan dan belakang harus diatur supaya bisa menghindari kerusakan, terutama pada komponen yang mahal. Rekomendasinya, suspensi bisa dinaikkan hingga 3-8 kaki atau bahkan lebih tinggi dari suspensi yang diatur oleh pabrikan. Kalo suspensi dan kemudi udah di-upgrade, baru lo bisa pilih ban dan roda yang sesuai.

Jangan Pelit Bujet

Bikin Monster Truck yang ideal pastinya bakal menguras tabungan lo. Lo nggak akan bisa bikin Monster Truck yang ideal dengan bujet minimum karena lo bakal terbentur dengan pilihan yang terbatas sewaktu pengen modifikasi komponen atau atribut lainnya. Jadi lo harus punya bujet yang fleksibel atau kalo enggak hal itu bisa menimbulkan masalah buat Monster Truck lo.

Well bro, selamat mencoba!

Featured Image : wow-toyota.com

Referensi Artikel : itstillruns.com