BMX Freestyle Indonesia

Dilihat 525 kali

Kamu yang gemar bersepada, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis sepeda BMX. Sepeda ini biasa digunakan untuk mereka yang punya nyali tinggi. Pasalnya akan ada tantangan demi tantanganan yang harus dilalui. Seperti lompatan, berputar, sampai jamping layaknya skateboarder.

BMX sendiri memiliki kepanjangan dari Bicycle Moto-Cross yang berawal dari satu jenis sepeda ‘Schwinn Stingray’ yang diproduksi pada tahun 1963. Sepeda tersebut dibuat karena meniru pengendara motorcross. Sampai akhirnya BMX meledak di tahun 1970-an dengan jenis sepeda yang didesain kecil, ringan, dan lincah. Anak-anak seluruh negeri banyak yang mengendarai sepeda ini di halaman rumah, jalan raya, maupun taman kota.

American Bicycle Association (ABA) diciptakan sebagai wadah penggemar BMX. Hal ini menjadikan BMX semakin populer di berbagai negara pada tahun itu. Dan pada tahun 1990-an BMX semakin menjadi sorotan sampai dijadikan salah satu cabang olahraga. Sejak saat itu lah BMX resmi menjadi bagian dari olimpiade.

BMX memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai atraksi ektrem seperti gerakakan street jump, backflip, for lip, dan masih banyak lagi. Jika professional yang melakukannya, sepeda melompat tinggi dan melayang diudara hingga berputar 360 derajat sudah hal biasa.

Di tanah air sendiri sudah cukup banyak komunitas BMX. Bahkan sejak 1 April 2001 Asosiasi BMX Indonesia (ABI) resmi didirikan. Disini lah menjadi ajang atau wadah berkumpulnya bagi mereka yang menyukai sepeda BMX.

Komunitas tersebut tersebar hampir di berbagai daerah, seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Surabaya, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sekedar gaya-gaya an, komunitas BMX ini kerap mengharumkan nama bangsa. Misalnya masuk kategori BMX Street dengan peringkat 8 dunia pada sebuah event di Maccau, China. Juga dalam kategori Flantland, BMX Indonesia menduduki peringkat 9 dunia pada event World BMX Flatland Championship di Singapura.

Salah satu penghobi BMX asal Tangerang melakukan atraksinya. Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube oleh akun tbelvan menunjukan aksi BMX yang ringan juga lincah. Di atas hamparan rumput, sepeda diayuh dengan cepat untuk menaiki sebuah tanjakan, kemudain turun lagi dan berputar. Aksi selengkapnya bisa saksikan pada video di atas.

Sejatinya, komunitas BMX di tanah air tidak memiliki batasan umur dan kalangan tertentu. Semua orang bisa bergabung jika mereka menginginkannya. Untuk melakukan olahraga ini, kamu hanya memerlukan sebuah sepeda yang berkisan harga mulai dari Rp 2.000.000 per unitnya.