Diving Bareng Sang Raksasa Lautan

Dilihat 269 kali

Lo yang pernah diving pasti setuju kalo menyelami alam bawah laut adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Berenang bersama mahluk-mahluk lautan yang jumlahnya nggak kehitung dan menyaksikan berbagai terumbu karang yang indah pasti bakal jadi pengalaman yang nggak akan terlupa seumur hidup.

Bertemu dengan ikan-ikan kecil warna-warna aja udah keren, gimana kalo ketemu ama mahluk laut berukuran raksasa di lautan? Seperti yang dilakukan oleh seorang penjelajah laut dari National Geographic Explorer, Justin Hofman, mendapat pengalaman langka berjumpa dengan induk paus dan bayinya yang baru lahir

Dalam video yang bisa lo liat di bagian atas artikel ini, Justin Hofman diving bersama sanga raksasa lautan dan anaknya tersebut di kawasan laut Amerika Selatan, kawasan yang sudah diresmikan sebagai salah satu UNESCO World Heritage site.

Pengen ngerasain pengalaman serupa bro? Karena kejauhan kalo harus ke lautan yang ada Amerika Selatan, kenapa nggak lo nyobain pengalaman diving yang nggak jauh beda di Teluk Cenderawasih. Di sana lo juga bisa diving bareng salah satu raksasa lautan, hiu paus.

Whale shark (Rhincodon typus), oleh nelayan setempat dikenal dengan nama Gurano Bintang karena punggung satwa berukuran super besar ini penuh dengan motif bintang. Hiu paus panjangnya bisa mencapai 14 meter dan bisa hidup lebih dari 100 tahun.

Hiu paus yang hidup di perairan Teluk Cendrawasih ini sering muncul dan bisa disentuh oleh manusia di Kwantisore. Lo nggak perlu parno karena hiu paus ini jinak dan tidak takut saat didekati oleh manusia. Cukup lemparkan ikan teri ke dalam laut maka nggak lama sang raksasa ini bakal muncul di permukaan laut. Ukuran hiu paus yang muncul ke permukaan umumnya besar karena menurut warga lokal hiu paus yang berukuran kecil baru muncul ke permukaan saat sudah tidak banyak orang.

Nggak sabaran pengen diving bareng hiu paus di Teluk Cenderawasih bro? Perbanyak dulu pengalaman menyelam lo supaya lo nggak kaget waktu jumpa hiu paus di sana. Ukurannya yang bisa nyamain atau melebihi kapal nelayan udah pasti bakal bikin lo shock saat pertama kali ngeliatnya bro. Tapi tenang, karena hiu paus dikenal sebagai satwa laut yag jinak dan nggak akan nyerang manusia.