Inilah Teknik Mengendarai Motor Trail di Perbukitan

Dilihat 724 kali

Kegiatan mengendarai motor trail di gunung dan bukit terjal terasa sangat menarik dan menantang. Medan ini acapkali dipakai untuk latihan mengendarai motor trail karena sulit untuk ditaklukkan. Jatuh dan gagal sudah sangat biasa saat berlatih motor trail tersebut. Oleh karena itu, Bro harus berhati – hati dan memperhatikan cara mengendarai motor trail yang baik dan benar. 

Memakai Gas dan Kopling

Salah satu kesalahan yang banyak Lo lakukan adalah kurang tepat dalam pemakaian gas dan kopling. Misalnya, kapankah waktu terbaik untuk menekan kopling ataupun untuk melepaskan kopling saat mengendarai motor trail. Hal ini juga berlaku saat menggunakan gas yang mana kurang pas dalam menekan dan melepaskan gas.

Memperhatikan Keseimbangan Motor

Banyak yang berpendapat bahwa mengendarai motor trail ini sangat mudah karena seperti mengendarai motor biasa. Tetapi, janganlah Bro menganggap omongan orang sebelah mata saja. Lo masih tetap harus mempelajari bagaimana cara mengendarai motor trail dengan baik dan benar di pegunungan dan perbukitan. Menaklukkan motor trail tak semudah membalikkan telapak tangan. Bro harus memiliki keseimbangan tubuh yang baik agar motor juga bisa seimbang. Saat Lo ingin melakukan teknik jumping atau drop, keseimbangan badan dan motor sangat diperlukan saat melakukan kopling dan gas.

Menjaga Posisi Badan Lo

Salah satu teknik lainnya adalah memperhatikan posisi badan Lo saat di atas motor trail. Pastikan bahwa badan Lo berada di posisi tepat. Kenapa? Posisi badan Bro ada kaitannya dengan keseimbangan badan saat mengendarai motor trail. Bila posisi tepat maka keseimbangan juga akan terjaga. Lakukan pelatihan terlebih dulu bagaimana cara menempatkan posisi badan yang tepat untuk melakukan manuver dalam bermain motor trail. Bro bahkan bisa berguru pada instruktur ataupun pembalap motor trail untuk mengendarai motor ini di perbukitan dan pegunungan.

Mempersiapkan Mental

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan mental. Skill dan kemampuan memang sangat penting saat mengendarai motor trail. Tetapi, mental juga tak kalah penting. Mental yang kuat menjadi salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya mengendarai motor trail di perbukitan atau pegunungan. Jadi, sebaiknya Bro juga mengasah dan mempersiapkan mental saat ingin berlatih mengendarai motor trail. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang agar bisa mahir mengendarai motor trail di medan terjal seperti bukit dan gunung. Itulah tadi beberapa teknik yang harus dipahami dan diterapkan oleh pemula yang ingin bermain bike on the rocks.