Menapaki Tantangan di Aconcagua, Gunung Tertinggi di Amerika Selatan

Dilihat 1165 kali

Negara-negara di Amerika Selatan memiliki sejumlah gunung atau pegunungan yang menggoda banget buat didaki. Selain Machu Picchu di Peru, ada Aconcagua di Argentina yang bisa lo masukkan ke dalam wishlist. Berlokasi di bagian barat Argentina, gunung yang mempunyai ketinggian 22.840 mdpl ini juga berbatasan dengan Chili dan berada di tepat di pusat Amerika Selatan. Selain itu, Aconcagua merupakan gunung tertinggi di bagian selatan benua Amerika. Bahkan para pendaki menjulukinya sebagai Everest Everyman. Makin penasaran buat menjelajahinya, kan, bro?

Lo sebenarnya bisa hiking ke Aconcagua sepanjang tahun, tapi bakal lebih maksimal kalau lo datang di bulan November sampai Maret meski kadang cuacanya enggak bisa diprediksi. Kemudian, ada beberapa rute pendakian yang dapat lo pilih dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Maka, pilihlah rute yang sesuai dengan kemampuan lo supaya petualangan di Aconcagua enggak berakhir jadi bencana.

Kalau lo pengin pakai rute normal, maka pendakian akan dilakukan di punggungan barat laut. Rute ini pun dianggap cocok untuk para pendaki yang sudah berpengalaman. Kemudian, ada rute Aconcagua Polandia Traverse, jalur kedua yang kali pertama dibuka oleh tiga pendaki asal Polandia. Ada banyak pendaki yang memilih rute tersebut karena tantangan yang muncul di sepanjang perjalanan dianggap cukup menyenangkan. Salah satu tantangan yang bakal lo temukan di rute Polandia adalah jalur gletser yang berada di sisi utara.

Kemudian, ada rute Ibanez-Marmilod, sebuah jalur yang namanya dicatut dari dua pendaki yang kali pertama membuka rute tersebut. Ada pula rute Argentina yang namanya berasal dari seorang pendaki bernama Argentina. Rute terakhir adalah salah satu jalur yang hanya sanggup dilewati para pendaki berpengalaman, karena tingkat kesulitannya yang enggak main-main.

Dengan ketinggian yang enggak kalah mencengangkan, persiapan mendaki Aconcagua juga harus lo lakukan secara optimal. Mulai dari perbekalan hingga kesiapan mental maupun fisik. Lo juga harus bisa beradaptasi dengan cuaca Aconcagua yang pastinya agak berbeda dari pegunungan di Indonesia. Ajak beberapa teman pendaki dan sewalah pemandu lokal, karena biasanya mereka sudah mengenal sifat rute yang diambil dan tak segan memberi tahu hal-hal yang harus lo lakukan maupun hindari. Sebab, percayalah, lo akan mendapatkan panorama indah dari bentangan alam Argentina di puncak Aconcagua kalau melakukan pendakian ini dengan benar.

Selamat hiking!