Pernah Dengar Sungai Emas Nepal, Tempat Main Rafting Skala Dunia yang Sangat Menegangkan?

Dilihat 80 kali

Kegiatan rafting jadi andalan masyarakat untuk mengisi waktu liburan panjang karena merupakan permainan air yang sangat seru dan banyak manfaatnya. Nggak hanya seru-seruan saja bersama teman-teman tapi rafting juga akan menguatkan fisik, melatih mental, dan kekompakan kalian. Melawan derasnya arus sungai bukan hanya jadi perkara utama di sini, tapi kalian juga harus mengatasi tantangan lain seperti berenang di sungai, menjaga keseimbangan perahu, koordinasi dengan anggota lain, dll. Selain Indonesia, ternyata negara-negara lain di dunia juga punya sungai terbaik untuk kegiatan rafting lho, contonya di Nepal.

Sungai Emas Unggulan Nepal

Pernahkan kalian mendengar nama Sungai Emas atau yang sering disebut dengan Sun Kosi? Sungai ini tergolong salah satu sungai terbesar di dunia lho Bro. Wah, sudah sedikit terbayang kan akan keindahan sekaligus kengerian dari Sun Kosi. Mengapa disebut Sungai Emas? Hal tersebut karena warna airnya yang keemasan atau berkilau, apalagi jika terkena sinar matahari. Penyebab dari fenomena tersebut adalah karena air sungai mengandung alluvium yang terbawa ketika air hujan turun.

Keadaan dari Sungai Sun Kosi  memang sangat luar biasa. Selain lebar dan luas, arusnya juga sangat deras Bro. Nggak heran ya kalau sungai ini cocok sekali jadi tempat favorit kegiatan rafting dan diburu banyak orang dari berbagai negara di seluruh dunia.

Peserta Wajib Bisa Berenang

Bagi mereka yang ingin mencoba rafting di Nepal, biaya per paketnya kira-kira 400 Euro atau setara dengan 4,9 juta rupiah. Sangat mahal sekali ya Bro, tapi jangan khawatir karena perlengkapan yang disediakan sangat komplit mulai dari perahu karet, tali, helm, jaket pengaman, tim SAR, dan bahkan dikasih makan lho!

Para peserta rafting di Sungai Emas, Nepal wajib punya keahlian berenang lho Bro. Alasannya, di sana arusnya sangat deras dan hampir semua peserta yang ikut kegiatan rafting bisa tercebur karena perahunya terbalik. Walaupun memakai jaket pelampung, tapi kalau kalian nggak memiliki keahlian berenang maka akan berbahaya. Arus yang deras bisa menyeret dan menenggelamkan tubuh kalian Bro. Jadi, bagi yang masih pemula dan ingin main rafting hanya untuk senang-senang saja, sebaiknya pikir dua kali ya. Sungai Sun Kosi sepertinya khusus untuk para altil rafting yang sudah profesional deh!

Apakah kalian tertarik ingin mencoba kegiatan rafting di Sungai Emas Nepal yang sangat ekstrim ini Bro? Selain budget yang banyak, kalian juga siapkan mental dan keahlian rafting dulu ya. Hal tersebut karena keadaan di sungai tersebut sangat berbahaya yaitu berarus deras, bertebing batu, dan terkadang ada pusaran air di tengah sungai.