Taklukkan Puncak Tertinggi Borneo, Kinabalu!

Dilihat 461 kali

Sudah pernah menaklukkan puncak-puncak di negeri tercinta, Indonesia? Jika sudah, tidak ada salahnya jika kamu juga mencoba menaklukkan puncak tertinggi di pulau Kalimantan atau sering juga disebut dengan Borneo, puncak Gunung Kinabalu. Serunya mendaki puncak tertinggi Borneo tersebut bisa kamu saksikan dalam video berjudul 'Hiking to Mt Kinabalu Summit' yang diunggah oleh Mervyn cher ke situs video YouTube di atas ini.

Walaupun terletak di Kalimantan, Gunung Kinabalu tidak masuk ke dalam wilayah negeri tercinta, melainkan negeri tetangga sesama bangsa melayu, Malaysia. Berlokasi di Sabah, Malaysia, Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4,095 meter di atas permukaan laut.

Ada empat kawasan di Gunung Kinabalu, yaitu hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Warga Sabah menganggap gunung ini sebagai pemacu mereka untuk terus bersemangat memperjuangkan wilayah dan persatuan mereka.

Tidak hanya itu, mirip dengan beberapa warga negeri tercinta yang tinggal di sekitar pegunungan, sebagian warga Sabah, yaitu Kadazan Sabah juga percaya bahwa di gunung inilah nantinya jiwa mereka setelah meninggal dunia bersemayam.

Buat kamu yang tergoda menjejakkan kakimu di puncak Kinabalu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama, kamu harus mendaftarkan diri dan mengurus izin pendakian dulu, minimal 2 bulan sebelum pendakian. Waktu ini mutlak dan jangan harap kamu bisa mendaki tanpa mendaftar 2 bulan sebelum pendakian.

Kamu juga harus memberi salinan paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan, ikut technical meeting dan juga menyertakan surat keterangan sehat dari dokter untuk kamu yang pernah menderita penyakit kronis, seperti darah tinggi dan jantung. Batasan usia yang ditetapkan untuk para pendaki adalah 10-65 tahun.

Bagi kamu yang sama sekali tidak punya pengalaman mendaki, akan diberi pembekalan saat technical meeting. Terakhir, agar tubuh dalam kondisi prima, ada baiknya jika kamu rutin melakukan joging 30 menit tiap hari sebelum pendakian dimulai.

Pendaki juga disarankan untuk membawa serta perlengkapan pribadi, seperti jaket polar, sarung tangan, headlamp, kupluk, celana dan baju thermal, termos, botol air, makanan ringan, tongkat mendaki dan juga obat-obatan pribadi.

Bagaimana, tergoda menaklukkan puncak tertinggi Borneo? Jika iya, persiapkan segala sesuatunya dengan matang mulai hari ini agar pendakianmu menaklukkan puncak Gunung Kinabalu berakhir dengan pengalaman mendaki yang sangat berkesan dan tidak terlupakan seumur hidupmu.