Tempat Ini Bakalan Bikin Kegiatan Canyoning Kamu Lebih Seru dan Nggak Terlupakan Bro!

Dilihat 75 kali

Kalau ada yang mengajak kalian untuk melakukan olahraga canyoning, apakah kalian tertarik? Canyoning merupakan kegiatan yang memadukan dua hal berbeda yaitu olahraga dan petualangan. Uniknya, kalian nggak akan bepetualang di tempat-tempat biasa tapi di alam bebas, entah itu hutan, gunung, pegunungan, dll. Dalam olahraga ini, kalian mengandalkan dan menggabungkan berbagai teknik olahraga alam bebas seperti panjat atau turun tebing, susur sungai, berenang, dan bahkan diving.

Harus Punya Kemampuan Komplit

Layaknya tim SAR, dalam olahraga canyoning kalian dituntut untuk serba bisa Bro karena akan benar-benar dilepas di alam bebas. Kalian juga harus mencoba bertahan hidup dengan peralatan seadanya dan melewati berbagai rintangan di sana. Pasalnya, nggak hanya sungai atau jurang saja yang bakalan ditemui tapi juga tebing curam, jalanan berlumpur, air terjun, dan masih banyak lagi. Benar saja Bro, canyoning memang merupakan olahraga yang bertujuan menyusuri sungai, air terjun, ngarai, ataupun lembah. Jadi, kalian diwajibkan mempunyai berbagai macam teknik dan kemampuan khusus seperti panjat tebing, renang, terjun bebas, dll. Hal ini karena tantangan alam yang akan kalian hadapi berbeda-beda dan nggak bisa diduga.

Tempat Canyoning Favorit

Indonesia sudah terkenal dengan wilayah tropisnya dimana terdapat banyak kawasan hutan tropis yang punya karakteristik berbeda. Dengan begitu, para pecinta olahraga canyoning nggak perlu lagi susah payah mencari spot yang cocok. Di bawah ini ada tempat-tempat favorit canyoning yang bisa kalian coba Bro!

  1. Kabupaten Banyumas

Tepat di sebelah selatan Gunung Slamet merupakan kawasan gunung yang punya banyak sekali kenampakan alam seperti sungai, lembah, hutan, dan sebagainya. Di tempat ini malah sudah ada wisata khusus canyoning seperti di Baturraden Adventure Forest atau BAF. Kalian bisa memilih level atau tingkat kesulitan sesuai kemampuan.

  1. Pantai Jogan

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Kalian akan mendapatkan pengalaman olahraga canyoning berbeda di sini. Hal tersebut karena ada sebuah air terjun yang langsung mengalir ke lautan. Jadi, kegiatan canyoning kalian bisa bertambah seru karena bisa menyusuri air terjun atau bahkan terjun bebas langsung ke lautan.

  1. Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo merupakan salah satu spot canyoning terkenal dan paling banyak diburu pecinta alam. Di sini tantangan alamnya sangat banyak mulai dari sungai, hutan, dan air terjun. Yang unik adalah ketinggian air terjunnya nggak terlalu ekstrim Bro. Jadi, bagi kalian yang masih pemula bisa deh mencoba canyoning di tempat ini.

Itulah tadi tempat-tempat olahraga canyoning yang sangat terkenal dan menjadi favorit masyarakat yang sangat menyukai kegiatan di alam bebas. Melakukan canyoning dapat membuat pikiran kalian jadi fresh lho Bro. Jadi, tunggu apa lagi, badan sehat tapi jiwa juga bisa kuat!