5 Alasan Kenapa Wajib Berpetualang ke Raja Ampat

Dilihat 268 kali

Eksklusif (Bukan Destinasi Biasa)

Beda dengan destinasi lain yang sebagian besar bisa dikunjungi saat libur akhir pekan yang hanya membutuhkan persiapan singkat dan hampir semua orang bisa melakukannya, berkunjung ke Raja Ampat membutuhkan persiapan dan waktu yang lebih lama. Terletak di ujung timur negara kita, waktu tempuh ke Raja Ampat cukup lama dan terbilang tidak mudah. Para petualang harus transit dan berganti pesawat beberapa kali barulah bisa tiba di tanah Papua Barat.

Tidak selesai sampai di situ, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menggunakan kapal, sehingga petualangan menuju Raja Ampat membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga biaya yang tidak sedikit. Petualang yang memang berniat ke Raja Ampat sudah pasti tidak hanya harus mengeluarkan biaya yang tidak murah, pengorbanan waktu untuk menikmati pesona Raja Ampat juga dibutuhkan.

Alam yang Asri dan Masih Terjaga

Saat berpetualang di Raja Ampat Anda akan menjumpai banyak pulau kecil yang masih asli dan tidak berpenghuni. Jejak manusia seperti sampah tidak akan Anda temukan di sana. Resort dan homestay yang didirikan di Raja Ampat juga semuanya wajib menggunakan konsep ramah lingkungan. Pengembang yang tidak mementingkan ramah lingkungan pada konsep bangunannya sudah pasti akan ditolak mentah-mentah.

Hal ini diperlakukan dengan cukup ketat agar keaslian dan keasrian kawasan Raja Ampat tetap terjaga. Tentu para petualang tidak akan lagi tertarik menjelajahi Raja Ampat jika sudah rusak dan dipenuhi oleh sampah. Mari sebagai pecinta alam kita turut menjaga kelestarian Raja Ampat saat mengunjunginya.

Surga Alam Bawah Laut yang Sangat Mempesona

Aneka terumbukarang yang jumlahnya konon mencapai 500 spesies dan moluska yang mencapai 1.700 spesies membuat banyak penyelam yang tergoda untuk menyelami pesona alam bawah laut Raja Ampat.

Beraneka ragam ikan yang mencapai 1.500 spesies juga hidup dengan nyaman di perairan Raja Ampat, mulai dari ikan-ikan beraneka warna sampai yang berukuran besar seperti hiu dan pari manta. Pengalaman menyelam di Raja Ampat dijamin akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan tidak akan dilupakan seumur hidup.

Pemandangan Bukit-Bukit Mempesona di Raja Ampat

Ketika mengucap kata Raja Ampat maka bayangan kita para petualang pasti tidak jauh dari pemandangan bukit-bukit mempesona dari atas bukit Wayag. Bukit-bukit karst yang tambah ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang tersebut memang menjadi ikonnya Raja Ampat.

Dakilah bukit karang tersebut dan saksikan pemandangan spektakuler dari puncak bukitnya, sangat mempesona. Tidak hanya di Wayag kita bisa menikmati pemandangan yang mempesona ini karena ada juga bukit yang diberi nama Painemo dan beberapa pulau lain di kepulaan Misool.

Memiliki Danau Ubur-Ubur Tidak Menyengat

Pasti banyak dari Anda yang tidak menyangka bahwa Raja Ampat juga memiliki juga memiliki danau yang dihuni oleh ubur-ubur tidak menyengat sama seperti yang ada di kepulauan Derawan. Jumlahnya bahkan lebih dari satu. Di mana letaknya?

Danau-danau ini terletak di Misool yang masih masuk ke dalam kawasan Raja Ampat. Menurut penduduk lokal, jumlah danau seperti ini ada 5, namun karena akses yang masih sangat sulit untuk dilalui, sampai saat ini baru 2 danau yang bisa dijelajahi oleh para petualang.