Adventurer Sejati Pasti Bijak Sama Lingkungan Bro!

Dilihat 89 kali

Berpetualang ke alam bebas memang nggak pernah membosankan bro, selalu ada hal baru yang bisa dilihat dan dinikmati, apa lagi kalau berpetualangnya bareng sahabat-sahabat. Melihat pemandangan indah, hewan, atau bunga yang cantik membuat kita ingin menyentuh atau malah memetiknya. Tapi seorang adventurer sejati pasti mengikuti etika lingkunga, yaitu alangkah baiknya kalau kita jangan melakukannya, cukup mengaguminya menggunakan mata kita udah lebih dari cukup kan?!

Sumber Foto : nationalpark.at

Ada seorang pegiat lingkungan dan juga penulis buku, Harley Sastha, yang membagikan ilmunya untuk memandu para petualang agar menerapkan wisata ramah dan bijak lingkungan. Ada beberapa pakem atau pegangan dalam berpetualang dan berwisata.

Sumber Foto : sebumi.id

Ia menghimbau untuk memikirkan segala sesuatunya hingga matang sebelum berangkat ke tempat tujuan, entah itu mendaki gunung, menelusuri goa, menyelam di laut, dan sebagainya. Urusan sampah pun demikian, jangan sampai sisa aktivitas kita berdampak buruk buat lingkungan. Karena tujuan dan kegiatan kita menentukan seberapa banyak sampah yang ditimbulkan serta dampaknya.

Sumber Foto : indonesia.tripcanvas.co

Nggak cuma itu. seorang petualang pun harus mempersiapkan diri dan sikap perilaku sebelum menuju lokasi tujuan. Misalnya status lokasi yang akan kita sambangi, taman nasional, taman hutan rakyat, cagar alam, atau sebagainya. Ini dikarenakan setiap lokasi memiliki keunikan dan aturan yang berbeda. 

Sebagai petualang sejati, gunakan pengetahuan kita untuk selalu menjaga kelestarian kawasan seperti jangan mencuci perlengkapan makanan di sumber air. So jangan hanya menikmati tapi lupa menyayangi ya bro!

Sumber Gambar : tomtom.com

Referensi Artikel : wanadri.or.id