Baru Ditemukan, Yuk Jadi Wisatawan Pertama di Laguna Nirwana!

Dilihat 69 kali

Jika bro sedang berwisata ke suatu daerah, cobalah berinteraksi dengan warga lokal. Siapa tahu lo menemukan informasi yang menarik. Misalnya saja saat pergi ke Pantai Oeseli, bro akan kesulitan menemukan laguna cantik yang ada di sana jika tidak bertanya pada penduduk.

Pantai Oeseli sendiri merupakan pantai di pulau Rote, Nusa Tenggara Timur yang memiiki keindahan alam yang luar biasa. Untuk berkunjung ke sini, bro harus menempuh perjalanan dari Bandara DC Saudale. Bandara tersebut terletak di Ba'a, ibu kota dari Kabupaten Rote Ndao.

Perjalanan menuju Pantai Oeseli sendiri dapat ditempuh dalam dalam waktu 2 jam. Sepanjang perjalanan, bro akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari lembah berbatu, sawah yang hijau hingga pohon lontar yang menjular tinggi pun akan bro temukan selama di perjalanan. Terkadang sekawanan babi, anjing, kambing atau sapi juga melintasi jalan sehingga membuat pengendara harus menginjak rem secara mendadak. Terkesan berbahaya memang, namun inilah ciri khas dari Pulau Rote yang begitu unik.

Pantai Oeseli ini terletak di ujung Pulau Rote dan sedikit tersembunyi. Air laut di pantai ini terbilang sangat jernih dan cenderung tenang. Setibanya di sana, bro pun akan disambut oleh puluhan bintang laut yang berada di sepanjang pinggiran pantai.

Di seberang pantai Oeseli, bro akan menemukan bukit karang. Di sanalah terdapat sebuah laguna yang bernama Nirwana. Pemandangan laguna ini begitu asri dan indah.

Keberadaan Nirwana sendiri diketahui pertama kali oleh petani rumput laut. Untuk menuju Nirwana, bro harus menyewa sampan dengan harga Rp 100 ribu. Selain itu, lo juga harus mendaki bukit yang dipenuhi dengan pepohonan rindang dan ilalang. Medannya sendiri terbilang cukup ekstrem.

Namun semua itu akan terbayar saat bro tiba di Nirwana. Di sana lo akan melihat pemandangan yang begitu memikat. Air laut jernih yang terperangkap di sini merupakan perpaduan warna dari tosca, biru dan hijau. Air laut tersebut pun mampu merefleksikan pepohonan hijau dan awan putih di sekelilingnya dengan sangat jelas.