Diving di Ginnie Springs Outdoors, Tempat Menyelam Air Tawar Favorit di Dunia

Dilihat 167 kali

Diving atau menyelam selama ini identik dengan pantai dan laut. Padahal, olahraga air ini juga dapat dilakukan di tempat lain, bro. Buat kalian yang suka menyusuri perairan harus mencicipi pengalaman tak terlupakan di Ginnie Springs Outdoors, Florida, Amerika Serikat. Bukan cuma kolam, Ginnie Springs menawarkan fasilitas lain yang tak kalah menarik, yakni gua dengan panorama bahari yang amat elok.

Ginnie Springs yang terletak di bagian utara Florida tersebut merupakan sebuah lubang yang bentuknya menyerupai kolam. Adalah Jacques Cousteau, seorang penyelam kelas dunia, yang menemukan Ginnie Springs. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 1975, Ginnie Springs menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang harus kalian kunjungi saat menyambangi Florida.

Seperti yang telah disebutkan, Ginnie Springs Outdoors akan memberikan pengalaman unik bagi divers yang ingin menyelam di sana. Belum lagi air jernihnya yang juga dimanfaatkan para wisatawan yang mau berkano ria, berenang, hingga menyusuri sungai. Selain itu, air tawar yang mengisi kolam Ginnie Springs juga berasal dari tujuh mata air yang bermuara ke lubang tersebut. Kolam yang memiliki diameter sekitar seratus meter dengan kedalaman kurang lebih 45,7 meter ini terhubung ke area Sungai Santa Fe.

Ginnie Springs Outdoors sudah lama menyandang status sebagai salah satu tempat menyelam air tawar terfavorit di dunia. Jadi, tidak ada alasan lagi buat kalian untuk melewatkan destinasi wisata. Namun, ada syarat khusus bagi wisatawan yang ingin menyelam di Ginnie Springs, yakni harus mempunyai sertifikat khusus. Kalian jangan cemas, karena ada kelas bagi para pengunjung yang ingin menjajal kemampuan menyusuri perairan Ginnie Springs untuk mendapatkan sertifikat Open Water dari operator diving PADI.

Kemudian, kalian juga hanya diizinkan menjelajah hingga kedalaman 15,24 meter untuk menghindari area berlumpur serta labirin yang sangat berbahaya. Belum puas melakukan penyelaman? Berarti kalian harus mengunjungi Devil’s Ear Spring, Devil’s Eye Spring, dan Little Devil. Ketiga tempat tersebut adalah tiga mata air yang lokasinya terpisah dan mampu menghasilkan tiga juta liter air per harinya!

Masih betah atau belum puas bertualang di Ginnie Springs? Kalian bisa juga, lho, berkemah di sekitar area penyelaman. Nah, sebelum berkunjung, pastikan kalian sudah menyiapkan kebutuhan dan kondisi tubuh yang prima. Jangan sampai pengalaman diving kalian rusak karena persiapan kurang matang.