The Everest Marathon, Lomba Gila yang Justru Digandrungi!

Dilihat 107 kali

Apa sih yang terlintas dibenak kalian ketika mendengar kata Everest? Yup, sebuah pegunungan tertinggi di dunia yang sudah banyak menelan korban jiwa, tapi tetap seksi untuk ditaklukan. Bahkan tiap tahun, ratusan atau bahkan ribuan orang datang ke sini untuk bisa menikmati tempat tertinggi di muka bumi ini.

Tapi bagaimana kalau Gunung Everest ini dijadikan sebagai arena lari Marathon?

Inilah yang sedikit gila. Sebuah ajang Marathon dengan nama The Everest Marathon, baru-baru ini berhasil menjadi bahan perbincangan, terutama mereka yang suka dengan tantangan. Bayangkan saja, ajang lari marathon ini mengambil start di Gorak Shep (5,184 mdpl) dekat Everest Base Camp.

Untuk garis kahirnya, lomba lari paling gila ini berada 42 km di kota Sherpa, Namchee Bazaar atau di ketinggian sekitar 3.446 mdpl. Atau dengan kata lain, kalian tidak akan berlari menanjak, melainkan berlari dengan jalanan menurun.

Terdengar mudah bukan? Tentu saja tidak Bro, pasalnya selain medan menurun yang cukup menantang, kalian pun akan berhadapan dengan cuaca yang sangat dingin. Risikonya, para peserta The Everest Marathon berisiko mengalami masalah pernafasan lho!

Bukan hanya itu, tantangan lainnya pun datang dari turunan curam yang seluruhnya ditutup oleh es beku. Bayangkan saja, betapa licin dan dinginnya arena ini. Alhasil, fokus kalian pun akan terbagi, antara mengatur nafas, dengan menyeimbangkan tubuh. Repot bukan?

Tantangan lainnya datang dari kejahilan para panitia, dimana mereka tidak memberikan tanda rute yang harus dilalui. Dalam kondisi ini, mau tidak mau kalian harus menghapal seluruh trek sebelum memulai perlombaan, atau tersesat dan gagal menemukan garis finish.

Diantara semua tantangan tersebut, ternyata ajang lari ini punya keunikan tersendiri lho. salah satunya adalah, kalian harus menghabiskan sebanyak 16 hari di wilayah Nepal, dengan total lama perjalanan sebanyak 25 hari, hanya untuk menuju garis start saja.

Dengan segala kesulitan yang dimilikinya, wajar kalau banyak yang bilang jika The Everest Marathon disebut-sebut sebagai lomba marathon paling gila, sekaligus paling menantang. Kalau menurut kalian bagaimana? Tertarik untuk mengikuti ajang The Everest Marathon ini?