Gini Rasanya Diving Bareng Raksasa Laut, Hiu Paus

Dilihat 170 kali

Segeda apa ikan atau satwa laut yang pernah lo temuin waktu menyelam bro? Segede manusia? Belum gede itu sih bro karena kalo yang ada di video di atas ini ikannya bisa segede mobil atau bahkan lebih bro. Nggak percaya? Cek sendiri deh videonya!

Kegiatan menyelam yang ada di video itu bisa lo rasain sendiri gimana serunya menyelam bersama raksasa laut hiu paus di Teluk Cendrawasih. Di mana Teluk Cendrawasih? Ada di Papua bro. Lumayan jauh emang buat lo yang tinggal di ibukota, tapi dijamin bakal jadi pengalaman yang sangat berkesan sekaligus berharga bro.

Nggak semua perairan dihuni oleh ikan yang ukurannya raksasa kayak yang bisa lo temui di Teluk Cenderawasih. Yang lebih gokil nggak cuma satu bro karena kemungkinan lo ketemu dan menyelam bareng hiu paus lebih dari satu sangat besar di Teluk Cendrawasih, Papua Barat.

Nggak heran lo bisa dengan mudah ketemu sama hiu paus di sini karena emang teluk ini merupakan habitat hiu paus paling besar di dunia. Diperkirakan saat ini hidup kurang lebih 100 ekor hiu paus yang ukurannya bisa mencapai 13 meter dengan berat 15 ton. Kalo dibandingin kira-kira segede bus besar. Gokil bener kan bro?

Hiu paus yang hidup di Teluk Cendrawasih ini juga unik bro karena kalo biasanya hiu paus itu sifatnya individualis di teluk ini justru bisa rukun hidup dalam kelompok. Apa mereka ganas? Jangan takut bro walaupun masih jenis hiu, mereka bukan karnivora.

Hiu paus terkenal sangat jinak dan sangat bersahabat. Ciri-cirinya bagian bawah tubuh berwarna putih sementara bagian atasnya berwarna hitam dengan titik-titik abu-abu dan putih. Hiu ini punya mulut yang super lebar dan seringkali kebuka dalam waktu yang lama saat mereka menyaring plankton atau ikan kecil yang merupakan makanannya.

Beberapa puluh tahun lalu, warga lokal sempat dibuat panik dengan kehadiran satwa berukuran raksasa ini, tapi seiiring dengan berjalannya waktu dan mengetahui bahwa hiu paus jinak, mereka bisa hidup berdampingan bahkan sekarang bisa jadi sumber penghasilan mereka karena banyak banget petualang yang mau berjumpa dengan hiu paus.

Kapan lo kira-kira ke sana dan jumpa raksasa laut itu bro?