Hammocking, Cara Istirahat Nyantai di Alam Bebas

Dilihat 200 kali

Lo yang hobi jelajahin alam bebas udah pasti nggak asing lagi ama yang namanya hammock. Ini alat bisa dibilang wajib dibawa waktu berpetualang di alam bebas karena dengan alat inilah lo bisa istirahat nyantai di alam bebas, hammocking.

Walaupun keliatan nggak susah dan nggak ribet, cara masang hammock nggak bisa sembarangan bro. Pengen tau cara masang hammock yang bener? Nih beberapa panduan buat lo semua.

Pilih Pohon yang Kokoh

Kalo emang niat lo mau merasa nyaman tiduran di hammock, lo wajib milih pohon yang tepat alias kokoh. Pastikan dulu kekokohan pohon tersebut adalah hal pertama yang wajib lo lakuin. Pohon kelapa atau pohon pinus sebagai tiang hammock adalah pilihan yang terbaik karena dua jenis pohon ini tergolong kokoh dan kuat nahan berat badan kita. Selain milih pohon yang kokoh, pastiin juga pohon tersebut bukan sarang serangga yang berbahaya ya bro.

Pilih Pohon yang Punya Jarak Pas (Kira-kira 3 Meter)

Ukuran yang paling ideal buat masang hammock adalah dengan dua pohon yang berjarak 3 meteran. Walaupun sebenarnya jarak antar tiang juga tergantung dengan panjang hammock dan tali webbing, buat kenyamanan dan kemudahan waktu masang hammock, lebih baik lo ikutin deh saran di atas.

Sebelum Pasang Cek Kondisi Hammock

Masang hammock memang harus sabar bro, kalau nggak bisa terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, Contoh sederhananya adalah ngecek kondisi hammock. Pengecekan ini supaya keselamatan lo tetap terjaga. Apalagi, kalo lo pinjem hammock temen lo, pengecekan jadi hal yang wajib lo lakuin.

Bagian-bagian yang perlu lo cek dengan teliti adalah kain hammock yang biasanya udah rusak karena terlalu sering kena putung rokok, kondisi webbing yang sering tergesek, quicklink, dan ring O (carabiner).

Pasang Tali Hammock yang Benar

Nah untuk poin yang satu ini silakan lo liat sendiri dari video yang ada di bagian atas artikel ini ya bro. Video itu bakal ngajarin lo cara yang bener masang tali hammock yang bener.