Inilah Hal – Hal yang Dilakukan untuk Rappeling yang Menyenangkan

Dilihat 787 kali

Panjat tebing terlihat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bro harus naik dan turun dari tebing dengan aman dan selamat. Tetapi, faktanya olahraga ini amat sulit dan ekstrim. Terlebih lagi untuk turun tebing. Tak sembarangan orang tanpa skill mampu melakukannya. Rappeling sangat menyenangkan bila Bro menguasai teknik – triknya dengan baik. Sebelum turun tebing, Bro harus menguasai teknik – teknik dasar tersebut. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan saat melakukan rappelling.

Mengetahui Dua Jenis Rappeling

Ada dua jenis rappelling yang bisa dilakukan oleh Bro saat menuruni tebing yaitu rappelling cepat dan lambat. Rappeling cepat dipakai untuk sang profesional yaitu saat kejuaraan panjat tebing dan penanganan operasi di pegunungan. Sedangkan rappelling lambat biasanya dipakai oleh pendaki atau pemanjat tebing yang mana ingin menuruni tebing dengan perlahan – lahan sambil menikmati pemandangan alam di sekitar tebing.

Berlari

Tips lainnya saat melakukan rappelling adalah dengan berlari. Teknik ini pastinya memerlukan teknik menuruni tebing level dewa. Tak sembarangan orang bisa melakukan teknik ini. Bro harus bisa berlari saat menuruni tebing. Bisakah Bro melakukannya?

Melompat

Untuk menuruni tebing bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan melompat. Teknik melompat ini dilakukan dengan melakukan lompatan – lompatan kecil saat rappelling. Untuk bisa melakukan lompatan kecil, maka Bro harus berkonsentrasi tinggi dan fokus saat melakukan rappelling. Teknik ini menjadi yang paling sulit kedua setelah teknik berlari. Jika Bro sudah menguasai teknik berlari, pastinya Bro tak akan kesulitan dengan teknik melompat ini.

Menuruni Tebing dengan Kecepatan Normal

Tips lainnya yang bisa dilakukan adalah menuruni tebing dengan cara normal. Saat Bro ingin menuruni tebing dengan normal, maka Bro tak usah berlari atau melompat. Bro cukup melakukannya dengan turun perlahan – lahan sampai ke bawah tebing. Tak memerlukan teknik tingkat tinggi karena hanya perlu berhati – hati.

Melakukan Free Fall

Nah, bila Bro ingin menantang nyali, maka Bro bisa melakukan teknik free fall. Teknik ini seringkali digunakan oleh pendaki profesional dengan jam terbang tinggi. Free fall ini adalah teknik dimana pendaki memakai gerakan bebas saat menuruni tebing.

Menerapkan Teknik Kepala Dibawah

Dan, tips terakhir adalah yang paling ekstrim. Ini hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional dengan jam terbang yang amat banyak. Teknik rappelling ini adalah dengan posisi kepala dibawah. Teknik ini akan mengurasi nyali dan adrenalin untuk melakukannya.