Nikmati Pesona 5 Desa Tertinggi Di Indonesia

Dilihat 138 kali

Tiap orang pastinya punya kampung halaman. Biasanya, kampung halaman ini ada dilingkungan pedesaan yang jauh dari bisingnya kota besar. Tapi pernah ngebayangin nggak kalau kampung halaman lo justru ada di lokasi yang nggak biasa?

Ternyata, di indonesia ada 5 desa tertinggi dengan pemandangan keren banget. Nggak perlu lama-lama, langsung aja kita kenalan dengan 5 desa unik ini!

Desa Sembungan di Wonosobo

Desa ini dikenal dengan desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa Sembungan sendiri berada di ketinggian 2.306 mdpl. Dengan ketinggian yang di atas rata-rata ini, lo bisa lihat pemandangan alam yang nggak biasa juga. Sebut aja kayak Bukit Sikunir, Telaga Cebong, Gunung Pakuwojo, sampai Curug Sikarim. Keren Banget!

Desa Argosari di Lumajang

Desa yang ada di ketinggian 2.000 mdpl ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain terkenal dengan suhunya yang dingin mencapai 5 derajat celcius, desa ini juga terkenal dengan puncak B29 untuk melihat panorama Gunung Bromo. Konon, desa ini pernah diperebutkan oleh pemda Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Ranu Pani

Nggak jauh dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada satu lagi desa yang ada di ketinggian 2.100 mdpl. Nama desa ini adalah Ranu Pani yang mayoritas dihuni oleh Suku Tengger. Desa ini terkenal sebagai persinggahan terakhir sebelum ke puncak Semeru. Selain itu, lo juga bisa nikmatin pemandangan Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang populer dikalangan traveler.

Desa Wae Rebo di Kota Ruteng

Desa ini memang nggak setinggi desa yang ada di Pulau Jawa, tapi pesona desa di atas awan ini bener-bener bikin banyak orang terkagum-kagum. Gimana nggak, desa yang cuma diisi 7 rumah adat ini dikelilingi oleh hutan belantara yang masih perawan. Sayangnya, buat nyampe di desa in butuh usaha yang keras. Lo harus berjalan selama 2 sampai 3 jam buat nyampe di lokasi.

Desa Sembalun

Desa ini ada di ketinggian 1000 sampai 1200 mdpl. Desa ini adalah gerbang pertama untuk mendaki Gunung Rinjani. Desa ini akan lebih menarik kalau dilihat dari Bukit Pergasingan yang ada di sekeliling desa ini.