Situ Cisanti, Danau Di Bandung yang Nggak Kalah dengan Danau Como Italia

Dilihat 2501 kali

Ngomongin keindahan danau di Indonesia nggak selalu di dominasi oleh Danau Toba di Sumatera Utara Bro. Ternyata, di Jawa Barat punya danau yang nggak kalah keren. Saking kerennya, keindahan danau ini nggak kalah dengan Danau Como yang ada di Italia.

Nama danau ini adalah Situ Cisanti yang ada di hulu sungai Citarum. Lokasinya berjarak 60 kilometer di sebelah selatan dari pusat Kota Bandung. Bukan cuma indah, situ yang ada di kaki Gunung Wayang ini terkenal dengan airnya yang jernih.

Buat lo yang tertarik datang kesana, ada dua rute yang bisa lo pake. Rute pertama lo bisa jalan lewat Bandung menuju Bangaran yang tembus sampai Pangalengan dan kemudian menuju Perkebunan Teh Malabar. Dari sana lo bisa menemukan lokasi situ dengan mudah.

Jalur kedua bisa lo tempuh lewat Bandung menuju Ciparay dan berlanjut ke Pacet kemudian Kertasari. Jalur kedua ini adalah jalur tercepat menuju Situ Cisanti. Meskipun begitu, lo tetep harus hati-hati, soalnya di rute kedua ini jalannya nggak begitu bagus dan menanjak.

Begitu sampai di lokasi Situ Cisanti, lo bakalan dibikin takjub dengan pesona keindahan alam disana. Lo bisa lihat situ ini dikelilingi beberapa gunung, kayak Gunung Wayang, Malabar sampai Gunung Bedil dengan ketinggian 1.500 sampai 3.000 meter mdpl yang bikin udara disekitar situ terasa sejuk. Suasana sepi dan tenang bikin lokasi Situ Cisanti cocok banget buat refreshing.

Di kawasan ini juga terdapat 7 mata air, yaitu Cikahuripan (Pangsiraman), Mastaka citarum, Cihaniwung, Cikoleberes, Cikawedukan, Cisadane, dan Cisanti. Mata air Pangsiraman jadi mata air yang sering dikunjungi wisatawan untuk mencari jodoh. Unik ya?

Ngomongin fasilitas yang ada di Situ Cisanti udah terbilang komplit. Fasilitas standar kayak kamar mandi, lahan parkir, sampai mushola sudah tersedia disana.

Yang mau berlama-lama disini juga bisa Bro. Lo bisa menginap di cottage yang sudah disiapkan dengan harga yang sangat terjangkau, atau biar lebih seru lo bisa camping di sekitar lokasi Situ Cisanti. Buat ngisi waktu liburan lo disana, lo bisa keliiling danau pake perahu atau bisa juga mancing ikan. Jangan lupa, siapkan kamera lo untuk selfie dengan latar yang ok.

Sebelum masuk ke lokasi ini lo harus bayar tiket masuk. Nggak perlu khawatir, tiket masuknya murah banget. Lo cukup bayar tiket masuk sebesar Rp. 7.500 per orang. Tarif parkirnya juga masih masuk akal Bro, untuk motor aja harganya cuma Rp. 2.000 sedangkan mobil Rp. 5.000. 

Gimana, tertarik datang kesini?