The Real Adventurer Itu Nggak Bakal Buang Sampah Sembarangan, Bro!

Dilihat 143 kali

Dimana-mana yang namanya petualang sejati itu nggak akan pernah tega membuang sampahnya sembarangan, baik itu ketika sedang berpetualang di alam atau pun ketika sedang melakukan rutinitas di kota. Menjaga ketertiban dan kedisiplinan dalam membuang sampah harus dimulai dari dalam diri kita sendiri, karena kalau bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi?

Jangan sampai kecantikan alam kita ternodai akibat ulah kita sendiri bro.

Via dahsyat.net

Berikut adalah tips-tips yang bisa lo praktekin supaya lo bisa menghindari untuk membuang sampah sembarangan. Hal ini berlaku di semua lokasi, baik di kota atau pun saat lo beraktivitas di alam seperti gunung, pantai, goa, dan sebagainya.

Via bintang.com

1. Siapkan kantong sampah pribadi

Kalau lo emang ngaku cinta lingkungan, lo bisa mulai dengan membawa kantong sampah pribadi. Bawa kantong belanjaan sendiri itu udah biasa bro, tapi bawa kantong sampah pribadi kemana-mana itu baru keren. Sampah-sampah kecil yang lo hasilkan, bisa dari cemilan atau botol air mineral, bisa lo masukkan ke dalam kantong sampah pribadi yang udah lo siapin sebelumnya. Lo bisa membuang sampah-sampah lo ketika menemui tempat sampah yang cukup besar.

2. Tanamkan budaya tertib

Budaya tertib membuang sampah adalah hal yang baik yang harus lo tanamkan dan dijadikan budaya serta kebiasaan sehari-hari.

Via dzargon.com

3. Buang sampah sembarangan itu nggak keren

Tanamkan juga di dalam pikiran, bahwa buang sampah sembarangan itu sama sekali nggak keren. Selain bikin kotor, juga bisa mengakibatkan banyak masalah, dari polusi, bau sampai banjir. Yang keren itu, kalau lo membuang sampah dengan tertib dan tepat di tempatnya. Apalagi kalau lo berhasil meyakinkan teman-teman di sekitar untuk melakukan hal yang sama.

4. Tahan diri

Untuk hal yang satu ini adalah ujian dari kepekaan lo pribadi. Lo dipaksa harus menahan diri untuk nggak membuang sampah sembarangan. Usahakan jangan dibiasakan rasa malas, kalau di sekitar lo nggak ada tempat sampah, jangan langsung main dibuang sembarangan, lebih bijaksana kalau sampanya lo simpan dulu sampai melihat tempat sampah dan membuangnya di tempat yang sesuai begitu ada kesempatan.

Featured Image : indahnaalam321.blogspot.co.id

Referensi Artikel : travel.detik.com