Pantai Indrayanti, Pesona Gunung Kidul

Dilihat 1147 kali

Pantai Indrayanti terletak di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul adalah Kabupaten di Yogyakarta yang beribukota di Wonosari serta mempunyai kondisi alam berupa pegunungan kapur. Kabupaten Gunung Kidul di sebelah selatan berbatasan langsung dengan laut Samudera Hindia. Daerah inilah yang populer mempunyai pantai yang indah. Tak sedikit diantara deretan pantai di gunung Kidul yang menawarkan pesona pantai yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti ini.

Nama pantai ini terdengar sedikit aneh, sebab namanya lebih mirip nama wanita Jawa. Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti begitulah yang saya ketahui dari percakapan dengan pedagang disana,

Setiap pantai mempunyai keunikannya tersendiri kan? Benar saja, pantai indrayanti menyajikan eksotisme alamnya yang memukau, ya itulah kesan pertama saya ketika melihatnya, seperti melihat setetes surga yang jatuh ke bumi, merasa takjub dan bersyukur, namun tidak berlebihan. Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya.

Namun jangan salah, ombak di patai ini sangat besar, karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, maka tidak disarankan untuk berenang disana, karena menurut pedagang disana pula, beberapa waktu yang lalu pernah ada yang terseret arus ombak. Walaupun begitu, keidahannya yang memukau sanagt cocok untuk dipajang di medsos kalian atau bisa disebut instagram-able banget. Satu yang benar –benar terasa berbeda adalah, kebersihan di pantai ini sangat dijaga dengan baik, terbukti tidak ada yang membuag sampah sembarangan, tersebarnya tempat sampah menjadi factor utama. Sebuah hal yang tentu saja patut diteladani oleh banyak kawasan wisata alam dan pantai di Indonesia. Ini turut pula menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri para wisatawan untuk tidak hanya memuaskan ego wisata semata, tetapi ikut serta menjaga kebersihan alam.

Spot terbaik untuk melihat sunrise adalah di puncak tanjung, Dari puncaknya, Anda dapat menyaksikan bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sepanjang horizon yang terlihat. Begitulah petualangan saya kali ini, menjelajahi kekayaan alam Indonesia, Indonesia kaya bukan Cuma cerita, tapi bukti yang nyata.