Delapan Sungai Terdahsyat Buat Rafting

Dilihat 123 kali

Aktivitas mengarungi sungai dengan perahu karet alias arung jeram (rafting) makin jadi pilihan akhir-akhir ini.  Karena itu, makin banyak aja nih yang nyari spot baru buat jajal skill arung jeramnya.

Via raftingcompany.com

Nah buat yang suka berarung jeram, nih dia 8 sungai yang bisa jadi referensi buat berarung jeram:

Sungai Alas

Via indahnesia.com

Sungai yang ada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini membelah taman Nasional Gunung Leuser. Tingkat kesulitannya 3-4 karena arusnya cukup deras dengan kelokan yang tajam.

Sungai Asahan

Via pedomanwisata.com

Tingkat kesulitan sungai ini jauh lebih tinggi dari Sungai Alas, yaitu 4-5. Sungai ini dibilang yang terbaik ketiga di dunia untuk berarung jeram setelah Sungai Zambesi Afrika dan Sungai Colorado Amerika Serikat. Gak heran banyak pertandingan arung jeram tingkat nasional maupun internasional mengambil lokasi di sungai yang berada di Sumatera Utara ini.

Sungai Batang Terusan

Via okezone.com

Sungai ini direkomendasiin buat pemula dengan tingkat kesulitan 2-3 karena debit air yang relatif stabil pada musim kemarau. Tapi tingkat kesulitannya akan meningkat kala musim penghujan.

Sungai Ayung

Sungai terpanjang di Bali ini punya alur untuk jarung jeram sepanjang 12 km. Mulai dari darah Payangan dan ebrakhir di Desa Kedewatan. Alur itu ditempuh selama 2 jam! Tingkat kesulitan di sungai ini dinilai 2-3 jadi aman buat pemula.

Sungai Elo

Aktivitas arung jeram di sungai yang gak jauh dari Candi Borobudur, Magelang, ini cukup aman buat pemula. Dengan tingkat kesulitan 2-3, suasana alam yang sejuk gak bikin lo berasa bosen meski lo harus tempuh alur itu 2-3 jam.

Sungai Citarik

Via wisatajawa.co.id

Sungai Citarik ini terkenal banget di antara para pencinta olahraga rafting. Lokasinya di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat, tingkat kesulitannya mencapai 3. Pemandangan yang cantik di sepanjang jalur termasuk beberapa titik air terjun.

Sungai Lamandau

Via pinterest.com

Pas banget nih arung jeram di sungai ini karena sungainya cukup lebar. Sungai ini membelah rimba belantara Kalimantan dengan hutan tropis yang lebat yang ditumbuhi pohon-pohon besar.

Sungai Nimanga

Via travel.grivy.com

Sunga di Sulawesi Utara ini dijamin ngasih lo pengalaman rafting yang gokil. Tingkat kesulitannya aja bervariasi, dan bisa sampai grade 6 kalo musim penghujan! Buat nyelesaiin rutenya, lo butuh waktu 5 jam. Selain itu ada air terjun di sekitar sungai dengan ketinggian 70 meter dan 90 meter, jadi bikin pemandangan sekitar sungai tambah cantik.

Featured Image : rafting.com

Referensi Artikel : hipwee.com