Diving dari Gua Tembus Ke Laut. Ada yang Berani Coba?

Dilihat 553 kali

Ada banyak jenis wisata yang bisa memacu adrenalin lo. Lo bisa pilih hiking, diving, atau caving. Nah, gimana kalau diving dan juga caving malah dijadikan satu kegiatan yang seru? Pastinya bisa bikin lo penasaran.

Kegiatan kayak gitu bener-bener bisa lo lakukan saat datang ke Meksiko. Kalau biasanya caving dengan trekking atau pakai tali, di Meksiko justru menjelajahi satu gua dengan cara diving. Kok bisa?

Buat lo yang penasaran lo bisa datang aja ke Sistema Sac Actun. Ini nama gua yang terhubung langsung dengan laut. Letaknya ada di Desa Tulum, Quintana Roo. Berjarak sekitar 130 km dari kota Cancun, Meksiko. Bayangin aja, rangkaian gua Sistema Sac Actun ini punya panjang sampai dengan 230 km dan terhubung langsung sampai ke laut.

Sistema Sac Actun ini pertama kali ditemukan oleh seorang petualang bernama Stephen Bogaerts bersama temannya Robbie Schmitter di tahun 2007. Perlengkapan standar yang harus lo bawa saat mau menjelajahi gua ini adalah peralatan diving.

Petualangan lo dimulai dengan trekking menyusuri gua ini. Selanjutnya, lo harus diving ke dalam air pake peralatan diving yang lo bawa. Lo bisa lihat kalau airnya berwarna biru jernih, dan itu ternyata adalah air laut.

Yang harus diingat, sebelum lo melakukan penyelaman lo harus punya lisensi sebagai penyelam. Diving disini pun dilarng sendirian, harus ditemenin oleh instruktur profesional yang sudah berpengalaman. Makanya, disaranin lo ikutan paket diving yang ditawarkan oleh beberapa operator tur di Meksiko dan akan ditemani oleh pemandu.

Kalau semuanya sudah siap, siap-siap buat diving nikmatin panorama gua dari dalam air. Mata lo bakalan dibikin terbuka lebar saat melihat stalaktit dan stalagmit yang gede-gede. Nggak cuma itu aja, air disana terkenal super dingin.

Nggak ada ikan atau hewan laut yang hidup disana. Meskipun begitu, lo bakalan ngerasain sensasi yang berbeda dengan meliuk-liuk di lorong gua. Dahsyat banget rasanya!

Sayangnya, karena pertimbangan jarak yang terlalu jauh dan keamanan, penyelam nggak bisa sampai di ujung. Lo cuma bisa sampai di beberapa titik aja. Tapi paling nggak airnya yang bener-bener air laut bikin lo ngerasa caving sekaligus diving.

Berani coba?