Mau Tahu Bungee Jumping Tradisional dari Vanuatu? Keren Lho!

Dilihat 3179 kali

Bunge jumping? Bukan ro, ini namanya Naghol, sebuah tirual khusus menantang maut dari penduduk pria di pulau Vanuatu sebelum akhirnya dinyatakan sebagai laki-laki dewasa. Selain itu, ritual unik ini pun dilakukan untuk memberkati tanah agar subur dan hasil panennya melimpah.

Sama seperti bungee jumping, ritual ini dilakukan dengan cara kedua kaki si pria akan diikat. Bukan dengan tali pengaman khusus bungee jumping bro, melainkan dengan akar pohon merambat. Selanjutnya, si pria akan disuruh untuk terjun dari atas tower setinggi 30 kaki menuju tanah.

Yang paling gila, tower yang digunakan untuk Naghol merupakan menara tradisional yang dibangun dari kayu dan ranting pohon yang disusun dan direkatkan dengan menggunakan tali. Saat jatuhnya, posisi kepala si pria tersebut berada di bawah dan jarak jatuhnya dari tanah hanya beberapa inchi saja.

Dilansir dalam Daily Mail, ritual Naghol merupakan salah satu ritual yang paling mengerikan. Bahkan selama pelaksanaan, sudah banyak pria muda di Vanuatu yang meregang nyawa, atau mengalami cidera dan kondisi yang tidak menguntungkan lainnya.

Walaupun ritual ini sudah dilakukan sejak pagi hari dengan menghadirkan berbagai jamuan spesial, ritual Naghol sendiri akan dilaksanakan pada sore harinya. Biasanya, ritual ini akan dilaksanakan sekitar bulan April hingga Mei tiap tahunnya.

Konon katanya ritual ini sudah dilakukan sejal ratusan tahun silam dan tetap lestari hingga saat ini. uniknya, selama upacara adat ini dilaksanakan, para penduduk Vanuatu akan menanggalkan pakaian modern mereka dan kembali menggunakan pakaian khas yang biasa digunakan nenek moyangnya.

Dalam satu kali pagelaran, banyak peserta yang ingin ikut dalam ajang ini. Umumnya usia mereka dimulai dari 7 s/d yang sudah dewasa. Mereka percaya, ini merupakan cara terbaik untuk membuktikan diri, sekaligus menjadi penanda jika kedewasaan dan kebanggaan telah ada di depan mata.

Bagaimana dengan penduduk wanitanya?

Yang melakukan lompatan hanya anak-anak pria saja, sementara para wanita akan menari-nari dan melantunkan nyanyian-nyanyian khas untuk memberi semangat kepada teman-teman seangkatannya. Gimana bro, tertarik menyaksikan langsung rituan mengerikan ini?