Menaklukkan Diri Sendiri Di Hutan Amazon

Dilihat 181 kali

Hutan yang luasnya mencakup lima negara ini, yaitu Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador dan Peru ini menampung air hujan yang sangat banyak. Jadi gak heran hutan ini pun jadi habitat beragam binatang. Mulai dari piranha, boa, jaguar hingga kodok beracun jadi penghuninya.

Karena tantangan alamnya yang luar biasa, petualangan ke hutan ini kayaknya ga bisa sendiri deh. Paling enggak untuk bisa bertahan hidup di hutan belantara seluas ini, lo harus punya pengetahuan dan skill yang cukup soal air dan makanan, tempat berteduh, api,  memberi tanda bahaya dan cara bertindak saat ada yang celaka.

Via pinterest.com

So yang pertama nih,kalo lo terpisah dari rombongan petualang, lo nggak usah panik, tapi cari suplai untuk makanan dan air bersih. Siapkan pisau, dan barang-barang anti air, selimut dan P3K.

Saat berada di hutan selebat Amazon, makanan yang bisa dimakan seperti buah berry, kelapa, kacang-kacangan, atau sayuran yang lo cukup familiar.

Setelah itu, lo harus jaga badan lo dari gigitan serangga jahat dan kemungkinan tergores tumbuhan atau batu sepanjang perjalanan. Pakai celana panjang, jangan celana pendek dan sepatu anti air, seperti boot. Kalo lo celaka, cepet-cepet deh diobati dan jangan dibiarkan lama terbuka.

Seandainya jalannya naik, jangan berpegang ama tumbuhan, karena di hutan hujan yang lebat kayak Amazon biasanya tumbuhannya ada yang beracun. Sebaliknya lo ambil ranting pohon yang panjang buat bantu lo berjalan.

Via fanpop.com

Soal tempat berteduh, nggak usah pilah-pilih, pakai yang ada yang sekiranya mampu melindungi dari hujan dan banjir, bahkan juga dari sengatan serangga jahat dan ular berbisa. Pastinya sih kalo bisa tempat berteduh lo di dataran tinggi dan buatlah api unggun untuk menjauhkan binatang buas sekaligus buat ngasih tanda.

Kalo lo ngeliat banyak serangga, biasanya sih lo deket ama sumber air. Dari sumber air itu, ambil air secukupnya dan kalo bisa, masaklah untuk persediaan.

Nah soal sumber air ini, biasanya untuk mencapainya lo harus ikutin jalanan yang menurun. Sungai pasti ada mengalir di bawah jalan yang menurun. Deket sungai bisa jadi lo nemuin perkampungan di mana lo bisa minta pertolongan.

Featured Image : pinterest.com

Referensi Artikel : traveltips.usatoday.com