Mengatasi Hawa Dingin Di Gunung? Mudah Kok Bro

Dilihat 165 kali

Kedinginan sewaktu lo mendaki gunung? Wah PR banget tuh bro! Soalnya hawa dingin yang berlebihan bisa bahaya. Paling enggak metabolisme tubuh lo pasti terganggu dan akibatnya organ-organ tubuh nggak berfungsi maksimal. Muncul lah hipotermia yang seringkali jadi momok bagi pendaki. Nah supaya lo terhindar dari hawa dingin yang menusuk, caranya gampang kok.

Pertama nih, pastiin pakaian lo tetap kering. Kalo perlu cepet ganti pakaian yang basah dengan yang kering, dan pakailah pakaian anti air supaya menjaga badan lo tetap kering.

Ilustrasi hipotermia, via pegipegi.com

Kedua nih, lakukan penyesuaian terhadap lingkungan sekitar atau aklimatisasi. Ini penting soalnya suhu di gunung bisa berubah sewaktu-waktu.

Caranya adalah lakukan peregangan sebelum mendaki, atur nafas dan biarkan udara sekitar masuk ke tubuh secara perlahan untuk terjadi penyesuaian. Soal makanan dan minuman, pastinya lo disaranin untuk minum minuman yang hangat buat ngelancarin sirkulasi darah di tubuh dan menjaga sistem syaraf bekerja sebagaimana mestinya. Minuman seperti air putih hangat disaranin banget untuk dikonsumsi sebelum lo meneguk the atau kopi panas. Ini semata-mata untuk membantu penggantian saraf yang rusak.

Terus jangan menunda makan. Ini penting untuk ngelawan hawa dingin. Nah yang ini mungkin hal sepele, tapi sebaiknya jangan bengong karena saat kondisi begitu, tubuh lo terekspos ke hawa dingin semakin besar. Mending istirahat aja kalo capek, itu akan menenangkan seluruh fungsi tubuh.

Featured Image : rizkirahmatia

 Referensi Artikel : omahpetualang.com