Pendakian Malam Hari? Sah-Sah Aja Kok Bro

Dilihat 116 kali

Seperti yang kita tahu, kegiatan di alam bebas termasuk pendakian gunung ada aturan tertulis dan ada juga aturan nggak tertulis. Nah ada satu aturan nggak tertulis yang bilang bahwa semua kegiatan pendakian sebaiknya dihentikan saat hari mulai gelap.

Tapi meskipun ada aturan nggak tertulis itu, kadangkala kita terpaksa melanjutkan pendakian dengan alasan ingin mencapai target sesuai yang udah ditetapkan. 

Via govoyagin.com

Pendakian gunung saat malam hari sebenarnya bukan nggak boleh bro, tapi karena mendaki saat malam itu mengandung banyak resiko dan bahaya, yang dalam aturan pendakian termasuk cukup penting untuk meminimalisir. 

Bagi beberapa pendaki yang cukup berpengalaman, mendaki saat malam hari menjadi hal yang biasa mereka lakukan, dengan syarat udah mempersiapkan hal-hal ekstra untuk meminimalisir segala resiko dan juga menguasai medan pendakian yang akan dilalui. Kalau lo tertarik untuk nyobain mendaki malam, baca dulu tips-tips serta manfaat dasar pendakian malam hari di bawah ini :

Gunakan Pakaian Berlapis

Ilustrasi Pakaian Berlapis; Via gizmodo.com

Udara malam pasti bakal jauh lebih dingin dari pada siang hari, apa lagi di atas gunung yang memang suhunya lebih dingin. Alangkah lebih baik kalau lo pake jaket anti angin. Jaga terus suhu tubuh lo supaya tetap hangat, jangan biarkan hipotermia menyerang

Melatih Kepekaan

Dengan terbatasnya padangan mata dalam gelap malam, indra pendengaran dan penciuman lo otomatis bakal mengambil peran yang cukup besar. Hal ini akan memberikan pengalaman baru yang sangat berharga bagi diri lo.Hal ini juga akan meningkatkan kepekaan diri terhadap situasi dan kondisi yang berkembang di alam sekitar.

Menikmati Langit Malam

Via phinemo.com

Setiap hari, kita telah terbiasa untuk menikmati polusi cahaya yang dihasilkan oleh budaya modern perkotaan. Saat mendaki malam, kita akan terbebas dari hal tersebut, menikmati kegelapan malam dengan cahaya alami dari bintang dan rembulan akan menberikan sensasi baru nan menyenangkan.

Terhindar Dari Dehidrasi

Via hellosehat.com

Di beberapa gunung, kadangkala medan pendakian yang harus dihadapi merupakan padang savanna dan bentang alam terbuka lainnya yang mengharuskan kita untuk bersentuhan langsung dengan panasnya cahaya matahari. Hal ini tentunya bakal membuat tubuh kita cepat mengalami dehidrasi. Selain itu, terlalu banyak bersentuhan langsung dengan panasnya sinar mentari dapat merusak kesehatan kulitmu. Nah, saat mendaki malam, kamu bakal terhindar dari kesulitan-kesulitan yang disebabkan paparan sinar mentari tersebut.

Featured Image : cheaptraveldiaries.wordpress.com

Referensi Artikel : phinemo.com