Saat Mendaki Puncak Carstensz, Ini 5 Siksaan yang Akan Lo Hadapi!

Dilihat 1107 kali

Puncak Carstenzs yang adalah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia atau seven summit ini pastinya jadi kebanggan besar ya buat para pendaki kalau berhasil menaklukkan puncaknya. Meskipun mahal sampai berpuluh-puluh juta dan bermedan berat tapi puncak yang berada di Papua ini selalu jadi idaman para pendaki dunia. Nah kalau berencana buat mendaki ke sana ada baiknya lo melakukan persiapan dan mempelajari dulu seperti apa medan dan obstacle di sana. Nah berikut ini adalah lima siksaan yang akan lo hadapi di sana nanti.

Trek pendakian yang panjang bukan kepalang

Kalau pernah mendaki Gunung Rinjani pastinya tau dengan  tujuh bukit penyesalan yang bikin ngos-ngosan dan lelah. Tapi trek pendakian ke puncak Carstenzs ini lebih sangar lagi, lo harus benar-benar siap fisik dan mental. Bayangkan saja pendakian berjarak 100 km yang akan memakan waktu sekitar tujuh hari berjalan kaki kalau dari Sugapa. Treknya naik turun melewati hutan hujan tropis yang basah dan lumutan, kalau gak hati-hati melangkah, salah-salah lo bisa terpeleset. Setelah melewati hutan, lo bakalan melewati trek terakhir yang katanya paling ekstrem, New Zealand Pass, treknya berpasir dan berbatu-batu yang naik turun, belum lagi gak ada sumber air sama sekali. Setelah melewati New Zealand Pass, lo bakal sampai ke basecamp danau - danau.

Hujan yang tiba-tiba nongol

Persiapkan juga jas hujan di tempat yang gampang buat dijangkau supaya bisa langsung dipakai, soalnya di sana udaranya suka galau, menit sekarang cerah, tiba-tiba menit berikutnya badan sudah basah karena hujan yang turun.

Tiba-tiba migrain di ketinggian 4.000 mdpl

Begitu lo sampe di new Zealand Pass yang mempunyai ketinggian 4.000 mdpl, siap-siap terkena serangan migrain atau pusing mendadak. Wajar, karena tubuh kita akan terkena aklimatisasi ketinggian. Badan kita ‘kaget’ dan beradaptasi di perubahan ketinggian. Tapi lo harus tetap paksakan buat berjalan, karena di sana gak ada tempat buat beristirahat.

Suhu ekstrem sampai minus 5 °C

Persiapkan juga baju hangat dan perlengkapan untuk menjaga kehatangan tubuh karena begitu sampai di basecamp danau-danau lo bakalan diterpa suhu ekstrem yang menusuk tulang sampai minus 5 °C!

Tusukan bebatuan yang tajam

Bebatuan yang tajam bakalan jadi siksaan saat lo melakukan ascending ketika mendaki dan rappeling ketika turun. Maka dari itu persiapkan spare sarung tangan, untuk pencegahan perlengkapan yang sobek terkena batu tajam. Nah persiapkan semuanya dengan matang sebelum mendaki puncak carstenzs ya bro!