Keren! Tradisi Viking Ini Bikin Kebun Di Atas Atap Rumah

Dilihat 163 kali

Rumah memang ngambil peranan penting dalam kehidupan manusia. Banyak banget konsep rumah yang dibuat dengan tujuan penghuninya bisa betah saat di dalam rumah. Konsep-konsep rumah pun bermunculan, mulai dari yang terkesan unik sampai dengan aneh.

Nah, ngomongin konsep rumah yang unik, ternyata udah sejak lama bangsa Viking punya konsep yang berbeda. Mereka punya konsep atap rumah yang ditumbuhi rerumputan, bunga-bungaan bahkan pepohonan kecil. Kok bisa?

Nah, warisan rumah model gini ternyata masih bisa lo temukan di Norwegia Bro. Di negara ini, lo masih bisa lihat atap rumah yang ditumbuhi rerumputan. Keren!

Konon, tradisi warga Norwegia yang membangun rumah dengan atap rumput dan bunga-bungaan ini udah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sebenernya, konsep rumah kayak gini adalah peninggalan dari bangsa Viking di abad pertengahan. Di abad ke-18, kabarnya rumah dengan atap rumput dan bunga-bungaan bisa ditemukan dimana-mana. Bahkan, ada juga rumah yang sampai ditumbuhi pohon-pohon kecil.

Salah satu keuntungan atap yang ditumbuhi rumput adalah berat. Karena lumayan berat, kecil kemungkinan atap rumah terguncang oleh angin saat badai. Kebun yang ada di atap rumah juga bisa lebih hemat ruangan dan tahan lama.

Saat ini nggak banyak warga Norwegia yang masih mempertahankan tradisi membangun rumah dengan konsep ini. Kebanyakan rumah yang beratap rerumputan dipake buat rumah singgah dan penginapan yang dibangun dengan gaya kuno. Soalnya, rumah dengan konsep ini disukai sama turis asing yang datang.

Selain unik, area di sekitar rumah rumput ini juga bisa lo jadikan spot foto yang keren. Foto lo bakalan unik dengan latar rumah yang beratapkan rumput.

Di tahun 2000, Scandinavian Green Roof Association ngasih penghargaan  buat proyek pembangunan rumah dengan atap hijau terbaik di Skandinavia. Nah, penghargaan ini bisa jadi cara buat mempertahankan tradisi yang udah hampir punah.

Wah, konsep rumah kayak gini memang unik banget Bro. Selain unik, ternyata rumah model kayak gini juga bisa bikin turis penasaran buat datang. Bayangin aja, kalau rumah model gini ada di Indonesia, kira-kira bagus nggak ya?