Asyiknya Berenang Dengan Ubur-Ubur

Dilihat 272 kali

Berenang sama Ubur-ubur? Ya bener banget. Biasanya, kalau bertemu dengan satwa laut berbentuk bulat ini wajib dihindari. Kalau pernah kena sengatannya, cukup membuat kita meringis dan akhirnya liburan jadi kurang seru.

 

Tapi kalau berkunjung ke Kalimantan Timur, tepatnya di Pulau Kakaban, kita bisa berenang bareng ubur-ubur.

 

Dokumentasi Perjalanan

Pulau kecil yang ditutupi pepohonan besar ini ternyata sudah lama dikenal sampai mancanegara. Dengan luas 774,2 hektar, enggak akan rugi untuk sampai ke Pulau ini. Soalnya, di tengah pulau ini terdapat danau berair payau yang sejak ratusan tahun lalu menjadi tempat tinggal ubur-ubur unik yang tidak berbahaya bagi manusia.

 

Ubur-ubur di danau ini tidak memiliki racun atau bisa, sehingga aman untuk berenang bersama. Tapi lo harus hati-hati, karena mereka enggak memiliki bisa, bukan berarti bisa dipegang sembarangan. Tubuhnya lunak seperti agar-agar, salah sentuh sedikit, bukan enggak mungkin justru membahayakan hidup mereka.

 

Ketika perahu yang membawa gue berlabuh di dermaga Pulau Kakaban. Untuk sampai ke danau ini masih harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang dibuat dari kayu. Perjalanan ini cukup menyenangkan karena melewati pepohonan besar yang teduh. Lumayan, bikin badan jadi enggak terlalu hitam.

 

Dokumentasi Perjalanan

Jadi, santai aja enggak usah jalan terburu-buru. Coba hirup udara segar ditempat ini, sambil menikmati keindahan alam dan membaca berbagai informasi penting yang disediakan pemerintah setempat. Karena ada baiknya untuk mengerti tata cara berenang di danau ini. Selain tahu akan sejarah danau, informasi yang diberikan juga cukup menjelaskan apa saja jenis ubur-ubur yang ada di danau ini. Dengan begitu, kita akan lebih menghargai dan menghormati lokasi wisata ini.

 

Menurut informasi yang tertulis, danau seluas 5 km² ini menjadi tempat tinggalempat jenis ubur-ubur. Yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia Aurita), ubur ubur totol (Mastigias Papua), ubur-ubur kotak (Tripedalia Cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea Ornata).

 

Tapi tetep nih guys, ada beberapa larangan yang harus diperhatikan sebelum berenang atau menyelam di danau prasejarah ini. Misalnya nih lo dilarang berenang menggunakan fin atau kaki katak dan tidak menggunakan tabir surya.

 

Selamat bersenang-senang, ingat selalu untuk menjaga lingkungan agar ubur-ubur ini tetap lestari. Oh ya, bawa serta peralatan foto yang memadai. Kapan lagi bisa berenang dan bermain bersama ubur-ubur cantik dan langka seperti di pulau ini.

 

Oleh Yusman