Menguak Fenomena Misteri Gunung Padang

Dilihat 465 kali

Beberapa tempat di muka bumi ini menyimpan rahasia dan yang nggak semua orang tahu. Teka teki mengenai Gunung Padang pun masih menjadi misteri hingga saat ini. Situs megalitik (pra sejarah) yang terletak di Cianjur-Jawa Barat ini sepertinya menyimpan fenomena yang belum terungkap.

Via anewscienceofeverything.com

Lokasi persis Gunung Padang berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur-Jawa Barat. Dengan luas areal situs sebesar 3 ha menjadikannya sebagai komplek teras berundak terbesar di Asia Tenggara.

Via cryptoanthropologist.blogspot.com

Usia situs piramida Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum masehi, jauh lebih tua kalau dibandingkan dengan piramida di Mesir yang hanya 2.500 sebelum masehi. Walaupun penelitian belum maksimal, tapi desas-desus ini sudah meluas ke masyarakat lokal maupun internasional. Berikut fakta-fakta menarik Gunung Padang :

Eksistensi Gunung Padang Diakui Pada Tahun 1914

Via phinemo.com

Sebuah laporan penelitian (Rapporten van de Oudheidkundige) dalam Buletin Dinas Kepurbakalaan pada zaman kolonialisme pernah menuliskan mengenai eksistensi situs ini pada thaun 1914. Setelah itu, ada pula sejarawan asal negeri kincir angin yang menyinggung soal situs bersejarah ini pada tahun 1949. Hingga pada akhirnya pada tahun 1979 hingga saat ini diadakan penelitian dan tindak lanjut situs ini untuk menguak misteri peradaban yang pernah eksis di Indonesia.

Legenda Masyarakat

Via kekayaannusantara.blogspot.co.id

Lokasi keberadaan Gunung Padang sebelumnya memang telah lama dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Mereka menganggap bahwa Gunung Padang adalah tempat bersemayamnya Prabu Siliwangi, Raja Sunda yang berusaha membangun istana dalam semalam namun ternyata nggak mampu diselesaikan.

Usia Bangunan

Via netralnews.com

Setelah diadakannya uji dating Laboratorium Batan (Indonesia) dan Laboratorium Beta Analytic Miami menunjukkan bahwa material paleosoil kedalaman 4 meterpada coring bor 1 berusia 5.500 + 130 tahun yang lalu. Sedangkan pengujian material pasir di kedalaman 8 meter hingga 10 meter pada lokasi coring bor 2 berusia 11.000 + 150 tahun. 

Arsitektur dan Teknologi Gunung Padang

Ilustasi Piramid Gunung Padang; Via phinemo.com

Setelah membuka lahan semak belukar pada sisi tenggara teras 5 ke bawah, ternyata terdapat 20 tingkat terasering punden berundak yang menunjukkan budaya gotong royong dengan teknologi maju pada masa itu.  Letak lokasinya di tengah-tengah bukit dan adanya aliran sungai di bawah situs ini menandakan kemajuan teknologi pada masa itu.

Susunan Bebatuan Gunung Padang

Via tribunnews.com

Tim Terpadu Riset Mandiri yang di bentuk tahun 2012 masih melakukan pengeboran untuk membuktikan keberadaan struktur bangunan dan ruang-ruang di bawah kedalaman 4-5 meter. Para arkeolog menganggap situs ini nggak dibangun dalam satu masa, tapi juga melibatkan kebudayaan yang lain.

Misteri Ini Diangkat Menjadi Film

Via sidomi.com

Berangkat dari fenomena misteri ini, sutradara ternama; Rizal Mantovani membuat penemuan besar ini menjadi sebuah film dengan judul "Firegate: Piramid Gunung Padang". Film ini menceritakan tentang misteri Gunung Padang yang dalam realitanya memang masih diperdebatkan oleh para ilmuwan hingga detik ini. Trailernya bisa lo tonton di atas bro.

Well, bro, bahkan sampai detik ini pun status Gunung Padang masih menjadi teka-teki besar bagi peradaban dunia. Satu hal yang pasti, kalau peradaban pembangunan situs ini terungkap dan dapat dibuktikan keilmiahannya, maka penemuan ini akan menjadi penemuan yang mengguncang dunia.

Featured Image : id.indonesia-stuff.barlians.com

Referensi Artikel : phinemo.com