Aneh, Makan Ikan Beracun Ini Malah Bikin Ketagihan!

Dilihat 106 kali

Petualang-petualang biasanya suka sama yang berhubungan sama pemicu adrenalin. Nah, makan ikan buntal alias Fugu, nggak jauh beda sensasinya dengan kegiatan pemicu adrenalin lainnya, karena sama-sama 'ketagihan'.

blogs.wsj.com (Ikan Fugu)

Ikan buntal alias Fugu dikenal memiliki racun yang bisa mematikan. Bayangin aja, liver, kulit dan ovariumnya mengandung tetrodotoxin yang katanya 100 kali lebih mematikan daripada sianida! Gawatnya ikan ini merupakan salah satu santapan yang dikonsumsi, salah satunya di Desa Malebur, Tahuna, Sulawesi Utara.

Nggak sembarangan orang bisa menyulap si ikan buntal ini menjadi santapan lezat yang pastinya aman buat dikonsumsi. Di Jepang aja yang jelas-jelas udah maju teknologinya, ikan ini cuma bisa diolah oleh chef yang besertifikat. Sertifikatnya pun sulit didapatkannya karena harus ikut pelatihan khusus pengolahan fugu yang benar dan aman buat dikonsumsi.

Via studytub.com (Fugu Sushi oleh Chef Jepang)

Sebaliknya di Desa Malebur, jangankan chef, orang biasa pun bisa mengolahnya tanpa butuh sertifikat khusus. Masaknya pun gampang, yaitu setelah ikan itu dikuliti dan dipotong-potong, ikan itu hanya diberi bumbu buah asam kuning. Yang penting kantung racunnya harus dibuang karena di situ lah biang racunnya. Setelah dibumbui, itu ikan dibakar di atas perapian ala kadarnya.

Uniknya, soal rasa nggak kalah sama chef dari Jepang. Ikan buntal yang punya serat lebih tebal ini dapat membuat lo mabuk kepayang karena rasanya nikmat banget. Mereka mampu membuat bumbu meresap dengan sangat baik ke dalam seluruh daging ikan.

So, nggak heran deh kalo orang mau ambil risiko makan ikan ini. Berani coba bro?

Featured Image : jaquo.com

Referensi Artikel : qubicle.co.id