Kembaran Coto Makasar Ini Dipercaya Bisa Meningkatkan Vitalitas Pria

Dilihat 202 kali

Bicara kuliner Jeneponto, Sulawesi Selatan, Lo pasti lebih mengenal garam berkualitas tinggi dari Jeneponto dan ballo, sejenis minuman fermentasi yang terbuat dari buah lontar. Sementara untuk mereka penggila kuliner ekstrem, Jeneponto dikenal dengan Coto Kuda Jeneponto.

Secara fisik, tampilan Coto Kuda Jeneponto ini memang nggak beda jauh dengan Coto Makasar, bahkan bisa disebut sebagai saudara kembar identik. Cuma bedanya, kebanyakan Coto di Jeneponto lebih banyak menggunakan daging kuda sebagai bahan utamanya.

Kuahnya sangat gurih, hasil campuran dari sejumlah bumbu seperti ketumbar, cengkeh, kayu manis, daun salam, garam, lengkuas dan air asam jawa. Selain itu, iga kuda pun dimasukan sebagai campuran untuk menyempurnakan rasa dan tingkat kekentalan dari kuahnya.

Alhasil, rasa gurih segar pun siap menerkam lidahmu. Terkadang, Coto kuda ini pun disajikan dengan tambahan potongan cabe rawit untuk memberikan sensasi rasa pedas yang lebih menggigit.

Zaman dulu, Coto Kuda Jeneponto bukan makanan biasa. Dulunya, kuliner ini hanya disajikan khusus untuk para karaeng, sebutan bagi para raja dan bangsawan di Jeneponto, dan hanya disajikan di moment-monet tertentu saja.

Selain itu, masyarakat di Jeneponto pun dikenal sangat gemar menyantap daging kuda. Bahkan dalam setiap perayaan, sajian daging kuda merupakan salah satu menu wajib yang harus disediakan. Bahkan kono katanya, kuda pun bisa jadi indikator status sosial dari orang Jeneponto.

Menurut Rudi, salah seorang warga Kabupaten Jeneponto, mengklaim jika coto kuda merupakan makanan khas Jeneponto dan banyak tersedia sepanjang jalan poros Jeneponto. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Takalar dan Bantaeng.

Konon katanya, selain punya sejumlah khasiat yang menarik, Coto daging kuda ini pun dipercaya ampuh meningkatkan vitalitas pria dewasa. Bahkan karena khasiatnya ini pula lah yang membuat banyak travellers tertarik untuk mencicipi Coto unik ini.

Cara menikmati coto kuda Jeneponto sendiri sebenarnya nggak beda dengan menikmati coto Makassar, dimana Lo akan menikmati makanan spesial ini dengan tambahan ketupat atau nasi, dengan tambahan kerupuk atau makanan pendamping lainnya.