Ortolan, Makanan Mewah Prancis yang Sangat Kejam!

Dilihat 452 kali

Selama ini Prancis di kenal dengan citarasa makanannya yang mendunia. Tapi di balik itu, ada segelintir juru masak yang justru berani menyajikan menu yang tidak biasa. Salah satunya adalah Ortolan, yang dianggap sebagai makanan mewah tapi kejam. Lah, kok bisa seperti itu?

Sebenarnya, Ortolan sama seperti makanan lainnya yang komposisinya menggunakan daging burung. Tapi yang jadi masalah, makanan ini hadir dengan menyajikan daging jenis burung nocturnal bersuara merdu, dengan nama burung Ortolan.

Padahal, burung jenis ini sudah dilindungi oleh pemerintah Prancis, dan masuk dalam kategori burung terancam punah. Kebanyakan, burung ortolan ini diburu untuk kepentingan konsumsi, atau dijadikan burung peliharaan (burung kicauan).

Yang lebih parahnya lagi, si burung bersuara merdu ini akan di siksa dulu sebelum akhirnya dijadikan makanan. Cara penyiksaannya, burung ortolan akan dimasukan dalam sebuah kandang yang gelap gulita, hingga dirinya tidak tahu waktu.

Alhasil, dia pun akan menganggap itu sebagai malam, sehingga dia akan terus terjaga dan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak hingga mengalami obesitas yang sangat parah. Setelah cukup gemuk, burung ortolan ini baru akan dikeluarkan dari kandangnya dan di persiapkan untuk di pasak.

Hanya itu saja? Belum Bro, itu hanya persiapan saja. Pasalnya, setelah burung ini di keluarkan, dia tidak akan di sembelih, melainkan di tenggelamkan dalam minuman keras hingga mati. Setelah itu, baru akan dimasak dengan cara dipanggang. Bagaimana, sadis bukan?

Karena dianggap terlalu kejam, dan menggunakan burung langka yang dilindungi sebagai menu utama, akhirnya pemerintah Prancis resmi melarang konsumsi burung ortolan, baik untuk di jual lagi ataupun untuk konsumsi pribadi.

Walaupun begitu, hingga saat ini masih saja ada beberapa restoran Prancis yang menawarkan menu kejam yang satu ini, walaupun memang penyajian atau namanya disamarkan, dan hanya di tawarkan kepada orang-orang tertentu.

Bukan hanya Ortolan

Selain Ortolan, sebenarnya Prancis pun masih memiliki hidangan  kejam lainnya, salah satunya adalah foie gras. Hidangan ini dianggap kejam karena memaksa angsa untuk makan dalam jumlah yang tidak rasional, dan melakukan penyiksaan sedemikian rupa untuk mendapat hati angsa penuh lemak.

Tapi anehnya, hingga kini foie gras masih tetap eksis, bahkan dijadikan sebagai tradisi kuliner yang harus dipertahankan. Padahal kalau mengacu kepada cara pengolahannya, foie gras jauh lebih sadis ketimbang Ortolan.