Unik Bro, di Kroasia Ada Organ yang Dimainkan Ombak dan Angin Lho!

Unik Bro, di Kroasia Ada Organ yang Dimainkan Ombak dan Angin Lho! Untuk urusan pariwisata, nama Kroasia memang nggak setenar Swiss dan Italia. Padahal, negara ini punya sejuta keunikan yang nggak mudah ditemukan di negara lainnya. Ya, negara dengan ibukota Zagreb ini punya gugusan kepulauan yang sangat indah di laut Mediterania.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, Kroasia juga punya daya tarik berupa Seo Organ alias organ yang bisa dimainkan dengan ombak dan angin.

Buat lo yang penasaran dengan Seo Organ, berikut ulasannya!

Organ Bertenaga Alam Di Dunia

Kalau lo bayangin Sea Organ ini mirip kayak organ kebanyakan, lo salah Bro! Sea Organ pada dasarnya adalah sebuah bangunan karya arsitek Nikola Basic yang ada di Zadar, Kroasia. Dalam bahasa Kroasia, alat musik ini disebut Morske Orgulje. Alat ini akan mengeluarkan bunyi nyaring dan merdu saat gelombang dan angin lautan menerpa bagian bawah dari Sea Organ.

Ide Penciptaan Sea Orga karena Perang Dunia  II

Sea Organ awalnya tercipta dari rekonstruksi kota Zadar pasca Perang Dunia II. Hasilnya, terciptalah sebuah tembok utuh di tepian laut Zadar yang kemudian dimanfaatkan untuk menciptakan organ raksasa yang bisa bunyi saat ditiup angin.

Sea Organ mulai diperkenalkan kepada umum pada tanggal 15 April 2005.

Konstruksi Sea Organ Sangat Rumit

Panjang Sea Organ mencapai 230 kaki dan terbentang di sepanjang pesisir Zadar. Tujuan dibangunnya Sea Organ untuk menyambut turis datang di Kroasia melalui kapal pesiar.

Dari jauh lo bisa lihat Sea Organ kayak tangga marmer yang membentang sampai Laut Adriatic. Tapi, di bawah Sea Organ terdapat konstruksi yang rumit. Ada sebuah saluran sempit yang menghubungkan dengan 35 pipa piano. Tiap set pipa berfungsi membunyikan 5 tuts organ dan mampu mengeluarkan suara yang berbeda.

Saat angin dan ombak yang lewat saluran tersebut, maka suara unik akan keluar melalui pipa ke arah udara bebas di atasnya.

Bagaimana Cara Kesana?

Kalau lo berangkat dari Zagreb, lo bisa naik mobil pribadi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 55 menit. Lo bisa ambil opsi rideshare alias berbagi kendaraan dengan orang lain buat ngurangin lelah nyetir sendirian.

Lo juga bisa pake kendaraan umum berupa bus. Ada dua jenis bus yang bisa lo pake. Bus autotrans dengan lama perjalanan 3 jam 45 menit, atau flix bus dengan lama perjalanan 3 jam 48 menit. Tarif bus dari Zagreb ke Zadar juga bervariasi, harganya mulai dari Rp. 200 ribu sampai dengan Rp. 500 ribu.

SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!