JUL 31, 2017

Mau berpetualang ke Green Canyon, jangan lupa Siapin ini bro!


Green Canyon alias Cukang Taneuh emang salah satu spot wisata yang diincar, baik oleh pengunjung keluarga atau kelompok petualang. Pemandangan yang indah dan petualangan yang ditawarkan emang seru. Gue inget waktu ke Green Canyon itu pas hari biasa aja dan pas musim panas jadi jalanan dan tingkat pengunjung gak terlalu rame. Hanya beberapa wisatawan asing yang dikelola perusahaan travel yang datang dan pengunjung lokal.

[bacajuga 63151]

 Nah karena lokasinya ini yang cukup jauh dari pusat kota, gue saranin buat yang baru mau ke Green Canyon untuk siapin beberapa hal seperti berikut:

 Siapin fisik dan mental

Seperti yang diketahui ada dua jalur untuk mencapai lokasi ini. Jalur timur atau jalur umum ditempuh dengan jarak 170 km dari Bandung menuju Tasikmalaya, - Ciamis – Kota Banjar, lalu belok kanan nih ke arah Pantai Pangandaran yang terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas. Jalanan dari Kota Banjar ke Pangandaran butuh waktu hampir dua jam karena jarak tempuh 55 Km itu harus melewati jalanan berliku-liku.

 Nah kali dari jalur selatan, yaitu dari Kota Tasikmalaya, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, jarak tempuhnya hanya 60 Km. jaraknya pendek tapi jalanannya rusak parah, jadi gak direkomendasiin jadi waktu yang dibutuhin lebih lama. Jadi fisik diuji banget nih di sini.

 Bawa uang yang cukup

Karena waktu sampai di sana sudah sore, jadilah gue nginap penginapan sekitar Pantai Batu Karas yang cuma 500 meter dari Green Canyon. Harganya sih lumayan terjangkau tapi kalo lo gak bawa uang cukup bisa jadi masalah karena mesin ATM jauh dari tempat ini.

 Bawa Kamera

Nyusurin air sungai yang hijau dan pemandangan kiri-kanan sungai yang cantik, wah berasa nggak di Indonesia aja deh. Apalagi waktu mulai masuk ke mulut Green Canyon, susunan bebatuannya keren banget. Itulah kenapa perlunya lo bawa kamera untuk dokumentasiin momen ini, kalo bisa sih kamera yang tahan air ya.

 Bawa Baju Ganti

Selain soal nginep yang mungkin bisa dadakan, lo pastinya gak tahan ingin jajal berenang di dalam area ini, karena kalo debit airnya gak terlalu tinggi, seru banget berenang di airnya yang dingin. Nah paling enggak sediain deh 1-2 setel baju ganti.

Featured Image : youkeepustraveling.com

Referensi Artikel : travel.kompas.com, gogreencanyon.com

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!