APR 27, 2018

David Belle, Sosok Tangguh Dibalik Menawannya Parkour

David Belle merupakan salah satu sosok penting dalam dunia olahraga ekstrim parkour. Penasaran dengan siapa itu David Belle bro? Lihat siapa informasinya di bawah ini. Semoga dapat berguna!


Belakangan ini parkour menjadi olahraga ekstrem terkenal karena gerakan-gerakannya yang indah dan sangat ekstrem. Bahkan sejak pertama kali ditemukan, hingga kini sudah banyak atlet-atlet parkour yang berhasil membius dunia dengan kemampuannya yang menakjubkan.

Kalau Lo masih blank tentang parkour, coba saja lihat gerakan-gerakan ala Ninja atas Assasin dalam beberapa film, seperti Brick Mansions, Assasin Creeds atau B13. Semua film-film tersebut mengandung adegan-adengan indah menjelajahi bangunan dengan teknik parkour.

David Belle sang Legenda

David Belle. Credit: en.wikipedia.org

Adalah David Belle, sosok pertama yang membuat olahraga ekstrem mendunia. Pria Prancis kelahiran 29 April 1973 ini melahirkan Parkour karena terinspirasi dari Ayahnya yang bernama Raymond Belle, prajurit yang bertugas sebagai pemadam kebakaran militer Prancis.

Terlahir sebagai seorang anak militer sekaligus keluarga pemadam kebakaran, Belle kecil akhirnya sering dicekoki oleh berbagai cerita-cerita kepahlawanan yang menakjubkan. Bahkan cerita kepahlawanan inilah yang membuatnya rajin berlatih dengan gerakan-gerakan ekstrem nan indah.

Sepulang sekolah, Belle kecil mulai berlatih dengan memainkan skenario bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit, dengan rintangan alam yang natural. Uniknya, semua gerakan-gerakan yang dilakukannya sangat indah, mirip gerakan-gerakan para Ninja atau para Assasin di masa lalu.

Tepat di tahun 1984, pada saat Belle berumur 11 tahun, ia pindah ke kota Lisses, Perancis. Di kota inilah, ia menemukan sekumpulan remaja yang memiliki kemampuan fisik yang kuat. Dari situ lah ia mulai berlatih bersama teman-temannya.

Di kota Lisses ini jugalah group Yamakasi terbentuk. Sebuah group parkour yang mendunia lewat film-film serta dari kualitas serta kemampuan yang dimiiki oleh mereka. Group ini juga banyak menjadi inspirasi orang dalam olahraga parkour.

David Belle Dalam Aksinya. Credit: mulierchile.com/

Sejak saat itulah Parkour secara langsung diperkenalkan ke seluruh dunia, dimana olahraga ini bisa diartikan sebagai seni berpindah tempat melewati berbagai obstacle dari point A menuju point B, dengan cara menguasai lingkungan atau melewati segala macam bentuk rintangan dengan kekuatan tubuh.

Belle juga pernah masuk ke militer Perancis dan pemadam kebakaran, mengikuti jejak ayah serta saudara-saudaranya. Di dalam militer Perancis ia bergabung dengan Troupes De Marine. Dimana ia mendapatkan beberapa penghargaan seperti juara memanjat tali dengan rekor terbaik dan termasuk tentara dengan tingkat kelincahan yang tinggi.

Setelah selesai bertugas di militer, Belle sempat juga bekerja sebagai buruh pabrik, penjaga keamanan dan salesman. Ia juga pernah tinggal selama 3 bulan di India untuk mempelajari Kung Fu. Setelah ia kembali lagi ke Perancis, ia langsung berlatih parkour. Dan selalu membuat video yang menunjukan kemampuannya.

 
Video Speed Air Man. Credit: youtube.com/

Setelah ia sering menunjukkan kemampuan yang ia miliki, salah satu videonya yang berjudul Speed Air Man pun mendunia. Dari video tersebut pun nama David Belle pun mulai terkenal. Dan tentunya tawaran bermain film pun mulai berdatangan.

Pertama kali masuk ke dalam dunia acting, Belle bertemua dengan sutradara film asal Perancis yaitu Hubert Koundé. Dari situ lah Belle berhasil mengembangkan sayapnya. Mulai dari membintangi sebuah iklan hingga layar lebar pun pernah Belle rasakan.

Tak hanya sebagai bintang film dan iklan, kemampuan Belle juga sering digunakan untuk menjadi stuntman. Banyak deretan film dimana ia menjadi stuntman. Memang untuk masalah parkour David Belle ini dianggap sebagai dewa.

Bagaimana tidak bro, dari kemampuan serta kelincahan yang ia miliki benar-benar akan membuat setiap orang yang melihatnya akan terkagum-kagum. Tak hanya itu cara ia memperkenalkan parkour kepada dunia juga patut untuk di acungi jempol.

Belle sendiri juga pernah loh bro menjadi orang yang membantu terbuatnya sebuah video game. Dying Light merupakan nama game tersebut. Game tersebut merupakan permainan open world yang memadukan horror dan survival.

Peran Belle di dalam video game tersebut ialah sebagai Stunt Cordinator & Counseling. Yang bertugas untuk mengawasi serta memberikan beberapa gerakan yang akan dimasukan ke dalam video game tersebut. Dan banyak unsur-unsur parkour yang terdapat di dalam game tersebut.

Kurang lebih sampai detik ini, terdapat 11 judul film yang sudah diperankan oleh David Belle. Seperti film Babylon A.D. dan Malavita. Kedua film Hollywood tersebut memang memiliki kualitas yang bagus. Dan Belle masuk di dalamnya.

Menurut Belle, Parkour merupakan metode self-defense terbaik yang bisa digunakan saat situasi tidak terduga. Kalau martial art atau olahraga bela diri disebut sebagai latihan untuk fight alias bertarung, maka parkour disebut sebagai latihan untuk flight alias kabur dari situasi berbahaya.

Yang paling menarik, saat ini Parkour tidak hanya dikenal sebagai gerakan ekstrem nan indah yang dilakukan di area perkotaan saja, tapi juga bisa dilakukan di tempat-tempat lainnya, seperti hutan, area pinggiran sungai, hingga pucuk gedung tinggi dan lainnya.

Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari kehidupan seorang David Belle. Salah satunya yaitu selalu berpegang teguh terhadap apa yang kita bisa dan miliki. Seperti apa yang sudah Belle lakukan, ia terus bergelut di bidang parkournya.

David Belle Dalam Film District B13. Credit: wearetheguard.com/

Lihat sekarang apa yang sudah ia capai, sungguh sangat luar biasa. Sempat menjadi seseorang yang bekerja serabutan sampai bisa menjadi sosok penting dalam olahraga ekstrim ini. Jadi buat lo yang ingin seperti David Belle, jangan melihat apa yang sudah ia dapatkan sekarang.

Karena apa yang sudah ia dapatkan sekarang, memerlukan sebuah proses yang tentunya tidak mudah. Proses merupakan sebuah kata kunci yang harus lo pegang teguh bro. Tanpa melewati sebuah proses, lo akan berhenti di titik lo sekarang.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai David Belle di atas? Semoga dapat berguna dan selalu berjuang bro di dalam kehidupan. Karena asal lo teguh terhadap apa yang lo lakukan dan serius, tentunya akan memiliki hasil akhir yang positif. Selamat beraktifitas bro!


Please login to comment
4 COMMENTS
Sunaryo Widodo
April 28, 2018 at 10:12 AM

Mantap jiwa


Muhammad muhlis
April 28, 2018 at 2:27 PM

Kerreeeennn


Muhammad muhlis
April 29, 2018 at 10:20 PM

Keeereeennnn


Alim Setiyawan
May 2, 2018 at 9:20 AM

Jadi pingin ngopi