Menaklukan 7 Bukit Penyesalan Gunung Rinjani

Menaklukan 7 Bukit Penyesalan Gunung Rinjani Menurut gue, seorang pria emang ditakdirkan untuk menjadi penakluk. Baik itu penakluk wanita sampai ke penakluk alam. It’s in our blood, dan gak akan ada yang bikin kita ngerasa lebih hidup daripada keberhasilan dari penaklukan tersebut. Coba aja menaklukan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia, Rinjani.

Berlokasi di Lombok, lo tinggal menyisakan 3 hari untuk bisa sampai ke puncak Rinjani dan menyatakan diri lo sebagai seorang pendaki dari 7 summit gunung Indonesia! Seru kan? Dari bandara Lombok, lo tinggal naik mobil selama 4 jam ke basecamp Sembalun dan beristirahat disitu sebelum memulai pendakian di pagi hari.

3 Hari dan 2 Malam Menaklukan Rinjani

Pendakian bisa lo mulai dari Sembalun ketika matahari terbit. Dengan ritme yang cepat, lo bisa sampai di Pos 3 sebelum jam makan siang. Walaupun cepat, jangan lupa buat menikmati pemandangan dulu, Bro! Sesekali lihat ke belakang dan nikmatin pemandangan yang keren banget. 

Dari Pos 3, lo akan menemukan 7 Bukit Penyesalan. Di bukit-bukit inilah lo akan mulai mempertanyakan keputusan lo sendiri akan menaiki gunung Rinjani. Disinilah komitmen lo akan diuji dan semangat akan dites. Untungnya, sesama pendaki lainnya pasti akan ngasi lo semangat dan dukungan buat naik terus ke Plawangan.

3 Hari dan 2 Malam Menaklukan Rinjani

Sebenarnya, perjalanan melewati Bukit Penyesalan dari pos 3 ke Plawangan itu hanya menghabiskan 4 jam saja! Tapi di dalam 4 jam ini, lo akan terus mendaki bukit yang curam dengan sedikit tanah rata untuk beristirahat. Di bukit terakhir, lo akan berhadapan dengan pasir dan batu kerikil yang akan menyeret lo kebawah di setiap langkah yang lo ambil.

Nyampe di Plawangan, lo bisa mengisi ulang setiap botol air yang lo punya di mata air terdekat. Berjarak hanya 30 menit dari Plawangan, 2 mata air yang terdekat juga bisa dijadikan tempat untuk cuci-cuci peralatan makan.

Selain mata airnya, Plawangan juga merupakan tempat yang keren banget buat berkemah di malam hari! Tapi jangan keasikan ngeliatin pemandangan malam hari karena summit attack harus dimulai sebelum jam 2 subuh supaya kamu bisa sampai di puncak Rinjani ketika matahari terbit.

3 Hari dan 2 Malam Menaklukan Rinjani

Dari awal, summit attack sudah menunjukan tantangannya dengan berbagai tanjakan maut berkerikil dan berpasir. Dua langkah naik, maka lo akan terseret kebawah 3 langkah! Disini kekuatan kaki dan kesabaran benar-benar akan diuji. Di tengah dinginnya malam dan letihnya kaki lo, pemandangan yang ada dari puncak akan sangat menghibur dan menyemangati badan lo yang letih.

Setelah 4-5 jam summit attack, lo akan sampai juga di puncak Rinjani, 3726 MDPL. Perasaannya ga bisa digambarkan, Bro! Tapi yang pasti, mau perasaan lagi campur aduk pun jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini buat ditunjukin ke orang tua dirumah. Gak sedikit juga yang nulis pesan-pesan berharga buat difoto dan dikasih ke orang tercinta. Selain itu, jangan lupa juga buat menjauh dari kerumunan dan mencari spot-spot foto keren lainnya di puncak Rinjani.

3 Hari dan 2 Malam Menaklukan Rinjani

Nah kalau lo sudah berhasil menaklukan puncak Rinjani, jangan lupa buat mampir ke Danau Segara Anak di perjalanan pulang. Disitu lo bisa mancing, nyantai dan berkemah semalam lagi sebelum akhirnya berpisah dengan hutan pegunungan Rinjani. Yang pastinya, jangan lupa buat bawa pulang semua sampah yang lo keluarkan di Rinjani ya.

Teks Dan Foto : Demas Ryan

Wilderness

2 COMMENTS

SHARE
sundul gan
indah bgt