JAN 31, 2018


Gili Trawangan Yang Memukau Para Petualang

Indonesia memiliki segudang destinasi untuk di jelajahi, namun Gili Trawangan memiliki hal yang berbeda. Keindahan, dan keunikan berpadu menjadi daya tarik bagi setiap petualang yang berkunjung.


Terletak di dekat pesisir Pulau utama Lombok, terdapat satu pulau yang memiliki keunikan yang berpadu dengan keindahan alam bawah laut, hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pulau, dan air laut yang bening di warnai oleh cahaya matahari membuatnya sangat indah. Ya, pulau dimaksud adalah Pulau Gili Trawangan. yang menjadi daya tariknya kepada para petualang adalah dataran pulau ini sangat alami, bersih, dan elok yang menajubkan membuat setiap petualang yang datang ke Indonesia tidak ingin melewatkan untuk mamir ke Pulau Gili Trawangan. Disamping itu, menurut National Geographic, Pulau Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang paling terjangkau biaya pengeluarannya, di bandingkan dengan pulau yang menjadi salah sati destinasi top di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik Pulau Gili Trawangan untuk menjadi salah satu destinasi paling top di indonesia. Karena faktor- faktor ini para petualang yang berada di Pulau Bali beralih ke Pulau Gili Trawangan (Dilansir dari National Geographic)

Panorama Laut dan Pantai

Biasa dikenal dengan panggilan "Gili T" bagi para petualang asing, Gili Trawangan memiliki panorama laut yang sangat indah dan eksotis. Sejauh mata memandang, lo akan dibuat terpukau oleh langit biru yang berpadu dengan air laut. Di samping itu lo bakal di hipnotis dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai ini. 

Ilustrasi Sunset Di Gili Trawangan. Source

Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke barat dan ketimur. Pantai yang di timur lebih ramai oleh para turis dan warga lokal karena dekat dengan dermaga dan menjadi pusat dari aktivitas ekonomi di Pulau Gili Trawangan. Namun di sebelah barat lebih sepi. Pulau kecil ini memang tidak ramai akan penduduk, namun lo tidak akan kekurangan kegiatan. lo bisa berenang, surfing, snorkeling, diving, atau hanya bersantai di tempat tidur gantung yang ada di pinggir pantai sambil mendengar musik atau membaca buku.

Alam Bawah Laut

Daya tarik lain yang di miliki oleh Pulau Gili Trawangan adalah alam bawah laut yang menyuguhkan keindahan. Sangat di sayangkan apabila lo datang ke Pulau Gili Trawangan tanpa melakukan snorkeling atau diving di sekitar pulau. air laut yang jernih akan membuat biota laut mudah terlihat.

Ketenangan saat di tengah laut akan menjadi kenikmatan buat lo. Di spot ini lo bisa menemukan hewan- hewan laut yang mewarnai terumbu karang seperti ikan badut yang biasa juga di sebut ikan nemo. Pastinya, dengan memandangi alam bawah laut akan menjadi salah satu obat untuk mengibati pikiran yang berlebih.

 

Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Mungkin lo sudah tidak tahan dengan kendaraan bermotor di tempat lo tinggal. Lo perlu mengunjungi Pulau Gili Trawangan bro! Lo tidak akan menemukan kendaraan bermotor satupun di seluruh sudut pulau. Hal ini dikarenakan kendaraan bermotor dilarang keras untuk beroperasi di pulau ini. Warga lokal menggunakan sepda dan cidomo sebagai transportasi mengitari pulau, Cidumo adalah kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Rata-rata, penginapan di Gili T menyediakan fasilitas rental sepeda dengan tarif beragam, mulai dari Rp40.000 hingga Rp75.000 per hari. Sedangkan cidomo dipatok sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 untuk satu kali perjalanan, tergantung jarak yang hendak ditempuh. Kereta ini bisa memuat hingga enam penumpang dan mudah ditemukan di area pusat pulau, tepatnya sekitar pasar seberang dermaga.

 

Keramahan Penduduk

Pesona alam yang menakjubkan menjadi kekuatan utama dalam menarik para petualang. Namunm Gili Trawangan juga dihuni oleh para penduduk yang ramah. Agak berbeda dengan kota besar dimana penduduknya bersifat individualis. Warga di Pulau Gili Trawangan menyapa dengan bersahabat ketika lo mengelilingi pulau. Tentunya hal ini bakal membuat lo lebih betah dan nyaman untuk tinggal berlama- lama di Pulau Gili Trawangan.

 

Hamparan Pasir Putih

Apabila lo hanya ingin menghabiskan waktu lo di hotel atau penginapan saja, Pulau Gili Trawangan menjadi spot yang tepat. Pulau Gili Trawangan terdapart berbagai hotel, penginapan, hingga bisa yang terletak di pinggir pantai. Bahkan dari jendela hotel lo bisa merasakan suasana pantai dan pemandangan sunset dengan panorama pantai yang sangat indah. Lo bisa menyambangi Hotel Ombak Sunset yang berlokasi di tepi barat Pulau Gili Trawangan yang menyuguhkan pemandangan sore yang memukau bagi para pengunjungnya. Atau lo juga bisa ke Cocoteraie Ecolodge yang memiliki suasana asri dan tenang. Resort ini menawarkan konsep glamping atau glamour camping, di mana Anda menginap di sebuah tenda mewah dengan nuansa khas tropis pinggir pantai ditemani pasir putih dan pohon kelapa yang rindang.

Penasarankan, bro? Tidak heran apabila Pulau Gili Trawangan kini menjadi salah satu destinasi utama para petualang mancanegara menyangi Pulau Bali dan Pulau Komodo.

Dibalik keindahannya ini terdapat pula sejarah buruk yang sempat menimpa Gili Trawangan. Dilansir dari situs resmi desa Gili Indah, pada zaman penjajahan kerajaan Bali di Lombok, Patih AA Gede Alit yang diutus Raja Bali untuk menduduki Lombok kala itu membuang sekitar 350 orang pemberontak dari suku Sasak ke pulau ini. Sebab selain lokasinya yang berada paling ujung dari dua Gili di sebelahnya, yaitu Meno dan Air. Gili Trawangan adalah pulau yang paling luas.

Meskipun memilki sejarah yang buruk, Gili Trawangan tidak berhenti memancarkan keindahannya hingga banyak petualang yang datang ke spot ini. Penasaran? Kemas langsung barang lo dan langsung meluncur ke Pulau Gili Trawangan!

 

Featured Image

Sumber

Please login to comment
5 COMMENTS
Dina Apriana
February 2, 2018 at 8:38 AM

indah banget view-nya sob !!


dwi wiji utomo
February 2, 2018 at 7:51 PM

moga bisa kesini


Rachmat Megaputra
February 3, 2018 at 9:30 AM

Indah banget pengen kesana


Bambang S
February 5, 2018 at 8:23 AM

keren bgt ya


Afirda Khoirun Nisa
February 6, 2018 at 4:18 AM

viewnya keren abis



LOCATION