MAY 3, 2018

Seramnya Sungai Amazon Beserta 8 Fakta Mengejutkan

Sungai Amazon yang menjadi salah satu sungai yang terpanjang di dunia. Tak hanya itu, sungai ini juga memiliki beberapa makhluk mengerikan yang berbahaya bro! Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini. Selamat membaca!


Bro, lo sudah tahu belum seramnya Sungai Amazon serta apa saja yang ada di dalamnya? Berikut fakta-fakta yang akan membuat lo tercengang serta membuat lo mengingat bagaimana seramnya sungai yang terletak di Amerika Selatan. Semakin penasaran bukan? Simak info lengkapnya di artikel ini.

Sungai yang bersumber dari dataran tinggi inter- Andes memiliki jarak cukup dekat dengan Samudera Pasifik dan aliran sungai ini menempuh jarak 7.200 kilometer melalui hutan pedalaman Peru yang melintasi Brazil hingga akhirnya aliran tersebut masuk kedalam Samudera Atlantik di khatulistiwa. Dan sungai ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil. 

Hingga kini, Sungai Amazon terletak dalam kawasan yang menjadi salah satu kawasan paling berbahaya di dunia. Mengapa terbilang bahaya? Karena hutan yang ada di dalam ini sangat mengerikan dan aneh. Namun ada 8 satwa yang mengerikan di Sungai Amazon ini.

Ikan Piranha

Ikan Piranha Sebagai Ikan Pemakan Daging. Credit: en.wikipedia.org

Mungkin lo seringkali mendengar  ikan yang satu ini. Dengan tampang seram dan gigi- gigi tajam yang menjulang ikan ini hidup berkelompok dan gemar untuk memakan daging. Namun, Ikan Piranha tidak seberbahaya seperti yang biasa di filmkan. Ikan Piranha seringkali di jadikan ikan peliharaan dalam aquarium.

Arapaima/ Piracuru

Penampakan Ikan Arapaima. Credit: tnaqua.org

Ikan yang satu ini merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan Amerika Selatan dengan berat mencapai 200 kilogram dan panjang tubuh hingga 3 meter. Aka tetapi, saat ini sudah sangat jarang dijumpai ikan yang satu ini karena ulah para pemburu yang menangkap ikan dan mengekspor dagingnya.

Lele Amazon

Pemburu Ikan Lele Di Amazon. Credit: acuteangling.com

Spesies ikan yang ada di Sungai Amazon ada 2.800 spesies dan hampir setengahnya adalah ikan lele. Bahkan, lele raksasa juga bisa lo temukan di sungai Amazon. 

Belut Listrik

Penampakan Belut Listrik. Credit: jejamo.com

Belut yang satu ini sangatlah unik. Belut ini bisa menghasilkan tegangan listrik mencapai 650 volt dan listrik tersebut berfungsi sebagai senjata untuk memburu mangsa- mangsa mereka.

Ikan Candiru

Penampakan Ikan Candiru. Credit: davescienceblog.blogspot.co.id

Masih satu keluarga dengan ikan lele, ikan yang satu ini memliki sifat parasit. Hanya berukuran sekitar 1 inci dengan bentuk seperti belut dan transparan, sehingga sangat sulit terlihat saat berada di dalam air. Ikan ini biasanya masuk ke celah celah insang ikan lainnya. 

Namun ada cerita mengerikan bahwa ikan ini membahayakan manusia karena bisa masuk ke alat vital manusia saat buang air seni dan untuk mengeluarkannya harus melalui operasi. Hanya saja, kasusnya masih terlalu sedikit untuk menyatakan bahwa ikan ini memang menyerang manusia. 

Katak Beracun

Penampakan Katak Beracun Amazon. Credit: kids.nationalgeographic.com

Katak yang satu ini sangat berbeda dengan katak yang biasa hidup di pekaranga rumah. di sepanjang tubuh katak ini terdapat lendir beracun. Namun, penduduk setempat biasanya memanfaatkan racun yang ada di tubuh katak ini dengan di oleskan di anak panah mereka dengan hati- hati. Akan tetapi hal mengerikannya adalah katak ini bisa membunuh manusia hanya dalam satu sentuhan saja.

Ulat Beracun

Penampakan Ulat Beracun. Credit: bintang.com

Memiliki bentuk seperti ulat bulu. Namun, bulu- bulu tersebut terdapat racun yang bisa menyebabkan kematian bagi orang- orang yang menyentuhnya. Racun ini menyebabkan darah kita sukar membeku dan menurunkan tekanan darah kita secara drastis.

Tyrannobdella Rex

Penampakan Tyrannobdella Rex. Credit: news.nationalgeographic.com

Hewan ini sejenis lintah dengan keunikan memiliki sebaris gigi yang berjumlah 8 gigi. Biasanya lintah ini menghisap darah dari hidung inangnya. Karena ukuran yang sangat kecil, lintah ini sangat sulut kelihatan apabila telah memasuki hidung dan dapat menyebabkan rasa sakit kepala yang luar biasa.

Salah satu sungai terpanjang di dunia ini memang di huni oleh makhluk- makhluk mengerikan sehingga tidak sembarangan untuk mengunjungi kawasan ini. Di balik hal tersebut terdapat fakta- fakta unik yang tersimpan di kawasan amazon. Salah satunya adalah Sungai bawah tanah. 

Ternyata di bawah sungai Amazon, juga terdapat sebuah sungai yang panjangnya mencapai ribuan kilometer. Berdasarkan laporan National Observatory Brasil (BNO)yang dikutip Daily Mail, sungai yang terletak sekira 3 kilometer di bawah Amazon itu memiliki panjang lebih mendekati 6.000 kilometer, atau nyaris sepanjang Amazon itu sendiri (6.800 kilometer).  Menurut Dr Valiya Hamza dari BNO, penemuan sungai bawah tanah ini mencuat berkat studi tentang variasi temperatur pada 241 sumur minyak tidak aktif yang digali pada kurun 1970 hingga 1980 oleh perusahaan minyak negara, Petrobras.


Informasi itu memungkinkan tim peneliti yang dipimpin Dr Hamza mengidentifikasi pergerakan air pada sekitar 3 kilometer di bawah Sungai Amazon. Penemuan ini sendiri dipresentasikan oleh Hamza pada pertemuan Brazilian Geophysical Society di Rio de Janeiro. Kabarnya, sungai itu nantinya akan dinamakan Hamza, demi menghormati ilmuwan yang mengepalai penelitian yang memungkinkan ditemukannya sungai tersebut. Dr Hamza menegaskan bahwa studi tentang sungai bawah tanah ini masih dalam tahap awal.

Tidak hanya sungai bawah tanah, namun ada hal unik seperti terumbu karang yang ditemukan oleh tim National Geograpic. Sejumlah ilmuwan melakukan perjalanan dengan tujuan untuk meneliti bagaimana bulu-bulu mempengaruhi cara laut menyerap karbon dioksida. Namun salah satu ahli terumbu karang memiliki ide untuk mencari terumbu karang yang ada di sungai Amazon.

Hingga akhirnya para ilmuwan terkejut menemukan karang berkembang di daerah tanpa cahaya dan rendahnya tingkat oksigen. "Kami menemukan sebuah karang di mana buku-buku pelajaran mengatakan keberadaannya tidak mungkin di sana," kata rekan penulis studi, Fabiano Thompson pada National Geographic. Penemuan ini dipublikasi bersamaan dengan laporan menyedihkan tentang 93 persen dari Great Barrier Reef di lepas pantai Australia hampir mati.

Gimana bro? ternyata di balik para penghuninya yang mengerikan, terdapat banyak sekali fakta- fakta yang tersembunyi dan mengejutkan oleh para manusia. Penasaran? Langsung saja kemas barang lo dan jelajahi Sungai ini bro!

 

Featured Image

Sumber 


Please login to comment
5 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
February 7, 2018 at 1:49 PM

Woooowww Amazoonnnn


Hengky kik
February 10, 2018 at 3:40 AM

nice info


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 30, 2018 at 7:47 PM

Mantap, inspiratif. ????


Muhammad muhlis
May 1, 2018 at 12:00 AM

Manteeefffff


Alim Setiyawan
May 2, 2018 at 8:41 AM

Pingiiinn



LOCATION